Tenaga Kerja Bongkar Muat Pelabuhan Diberi Pelatihan

0

SEKITAR 200 anggota Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat Pelabuhan, terima pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan bekal dalam bekerja.

SELAKU penyelenggara, Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Karya Bersama Tanah Bumbu, menghadirkan pemateri dari Alio, pejabat dari Kementerian Perhubungan.

Anggota koperasi ini mengikuti Diklat Port Basic Safety And Security Training (PBSST) dan Sertifikasi Kompetensi LSP Untuk TKBM di lingkungan pelabuhan. Bekerjasama dengan BPPTL Jakarta dan PT Khalfani Energi Riset TA 2021, di Batulicin, Senin (24/5/2021).

BACA: Pemprov Kalsel Pelajari Aturan Terkait Sanksi bagi PBM yang Tidak Menggunakan TKBM

Kegiatan dibuka langsung Asisten Perekenomian dan Pembangunan Pemkab Tanbu, Rahmat Prapto Udoyo dan dihadiri Kadisnakertrans dan Koperasi, Avian Noor serta Plt Kepala Dinas Perhubungan Tanbu, Andi Marlan.

Rahmat saat itu berpesan agar semua anggota koperasi ikut bisa bermanfaat bagi dirinya sebagai pelatihan yang punya sertifikasi di bidangnya. Apalagi kegiatan bongkar muat di lapangan tidak mudah, safety harus yang menjadi paling utama.

“Semoga dengan pelatihan ini, keterampilan menjadi lebih baik, dan menjadi bagian yang mempunyai visi misi untuk mendukung Program Tanbu menuju Serambi Madinah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Koperasi TKBM Karya Bersama Safaruddin didampingi Sekretarisnya, M Syahdan Banna, mengatakan koperasi ini merupakan lembaga usaha yang berdiri sejak Desember 2003 lalu, seiring pemekaran Kabupaten Tanah Bumbu.

“Koperasi ini juga merupakan satu-satunya koperasi di bidang bongkar muat pelabuhan. Karena TKBM ini sesuai aturan hanya ada satu di tiap Kabupaten, dan membawahi beberapa pelabuhan. Misalnya di Batulicin, Simpang Empat hingga Bunati,” katanya.

Koperasi ini juga dibawah naungan Kementerian yakni Kementerian Koperasi, Ketenagakerjaan hingga Kementerian Perhubungan. Sehingga di Tanah Bumbu dibawah naungan Dinas Ketenagkerjaan dan Koperasi serta Dinas Perhubungan.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.