Husairi Abdi

Anggota Komisi III DPRD Banjarmasin Cek Kondisi Jalan Lingkungan Banyak Rusak Pasca Banjir

0

SEJUMLAH ruas jalan lingkungan yang sempat terendam akibat banjir melanda Banjarmasin pada Januari 2021 masih terasa. Ini terlihat dari sejumlah ruas jalan yang ada di beberapa kelurahan tampak rusak.

KONDISI ini langsung ditindaklanjuti anggota Komisi III DPRD Kota Banjarmasin dari Fraksi Golkar, Sukhrowardi saat meninjau ke lokasi, Selasa (25/5/2021).

Politisi beringin ini pun berdialog dengan warga Komplek Taman Citra Malkon Temon RT 32 RW 14 Kelurahan Surgi Mufti, Banjarmasin Utara. Banyak warga mengeluhkan kondisi jalan lingkungan yang rusak, seperti aspal terkelupas, berlobang dan lainnya akibat banjir pada Januari 2021.

Tak cukup hanya di situ, Sukhrowardi yang juga anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Banjarmasin juga mendengarkan keluhan warga Komplek Mandiri Lestari Blok A3, Kelurahan Surgi Mufti. Seperti diungkap warga komplek yang juga wartawan senior, Fitri Anshorullah menceritakan bagaimana banjir meredam pemukiman warga dan merusak infrastruktur, terutama akses jalan.

“Jalan lingkungan terus tergerus sungai. Apalagi, saat banjir kemarin, makin parah,” kata Fitri yang akrab disapa Efet ini.

BACA : Serap Aspirasi di Banjarmasin Utara, Sukhrowardi : Perbaikan Jalan Cemara Ujung Dikawal

Ia mengungkapkan sebenarnya warga juga ragu untuk menguruk jalan, karena siring belum beres. “Kalau nanti diuruk, pasti akan tergerus dan hanyut. Jadi, harus ada penyiringan terutama untuk jalan yang berada di bantaran sungai,” ucap Efet.

Anggota Komisi III DPRD Banjarmasin, Sukhrowardi pun berjanji akan segera menindaklanjuti hasil tinjauan lapangan ke dinas terkait.

Menurut Sukhrowardi, di lapangan juga ditemukan, justru ada aliran drainase yang buntu, sepatutnya menjadi perhatian dari pihak kelurahan atau kecamatan.

BACA JUGA : Akhir Tahun, Sukhrowardi Beberkan Laporan Kinerja sebagai Anggota DPRD Banjarmasin

“Warga juga harus bersemangat untuk bergotong royong membersihkannya. Yang pasti, perlu tindakan cepat terutama dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin agar segera menangani perbaikan jalan lingkungan. Sebab, bagaimana akses yang jalan bagus, tentu akan memperlancar aktivitas warga,” kata mantan aktivis ini.

Sukhrowardi juga meminta agar tim teknis Dinas PUPR Banjarmasin segera terjun ke lapangan mendata infrastruktur yang perlu mendapat perbaikan. Termasuk, mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, jika nanti air sungai pasang.

“Tentu saja, masalah kepentingan publik seperti infrastuktur jalan dan jembatan jadi perhatian kami di Banggar DPRD Banjarmasin untuk diperjuangkan alokasi anggarannya,” pungkas Sukhrowardi.(jejakrekam)

Penulis Faisal Ichal
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.