Datangi Makam Syekh Mufti Muhammad Arsyad, Kadis PU Tanbu Bakal Lakukan Perbaikan

0

SALAH satu wisata relegi yang berada di kabupaten Tanah Bumbu yakni Makam Syekh Mufti Muhammad Arsyad bin Muhammad As’ad atau Datuk Lamak. Berada di Kelurahan Kota Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, selalu ramai dikunjungi peziarah lokal bahkan dari pulau Jawa.

SAYANGNYA, kondisi Kubah Pagatan ini sudah tidak tampak lebih bagus lagi. Banyak bagian bangunan yang rusak, mulai dari kubah hingga pendoponya.

BACA: PUPR Tanbu Gelar Bimbingan Teknis Ahli Manajemen Kontruksi

Mengetahui hal tersebut, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu, Subhansyah, langsung terjun lokasi Kubah pagatan guna melakukan pengecekan dan peninjauan, Minggu (23/5/2021).

Subhansyah mengatakan, setelah melakukan peninjau dan pengecekan kondisi Kubah pagatan, akan melakukan rehab ringan.

“Melihat kondisi Kubah sudah banyak bangunan yang mulai rusak. Kita akan segera melakukan rehab ringan, sehingga kubah pagatan ini terus terjaga dan menjadi salah destinasi wisata relegi di Bumi Bersujud. Makam guru kita ini selalu ramai dikunjungi oleh peziarah dari dalam maupun luar kota,” kata Subhansyah.

BACA JUGA: Sedot Dana Rp 23 Miliar, Pembangunan Masjid Apung Ditarget Rampung Dua Tahun

Menurutnya, komplek wisata religi ini, mengundang banyak peziarah. Sementara fasilitas yang ada di Kubah Pagatan masih sangat minim dan banyak yang rusak. Sudah sepatutnya diperbaiki, padahal, tempat ini selalu dikunjungi orang.

“Dari pengecekan kita, akses jalan, kubahnya, plafon, atap dekat pintu masuk kubah bocor. Selain itu atap pendopo tempat warga berkumpul santai dan makan-makan juga sudah bocor,” jelasnya sembari mengatakan akan memasukkan rehab kubah ini di anggaran perubahan nanti.

Menirukan perkataan peziarah kepadanya, yang sempat ditanyai, juga berharap fasilitas ditambah, terutama kubah yang ukuran didalam masih sempit hingga tempat berjualan yang pas. “Perlu ditata lagi, kalau bisa diperluas lebih bagus lagi,” tutup Subhan.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.