Curi Puluhan Roller Conveyor PT Conch, Tiga Warga Tabalong Diringkus Polisi

0

TIGA warga Desa Kaong, Kecamatan Upau diamankan petugas gabungan Polres Tabalong dan Polsek Upau karena terendus melakukan tindak pidana pencurian.

TIGA tersangka ini masing -masing berinisial WH (36 tahun), DI (24 tahun) dan EN (26 tahun) diamankan bersama barang buktinya berupa 34 batang roller conveyor dan dua unit sepeda motor.

Kasubbag Humas Polres Tabalong, AKP Otto, ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya telah mengamankan tiga pelaku tindak pidana pencurian yang terjadi di PT Conch ini.

“Ketiga pelaku diamankan saat berada di sebuah gudang besi Trans Kalsel-Kaltim. Lokasinya di Desa Mangkupum, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong. Penangkapan pada Kamis, (20/5/2021) malam,” ujarnya kepada awak media, Jum’at (21/5/2021).

BACA JUGA: Lagi, Polres Tabalong Amankan Dua Orang yang Menyimpan Narkoba

Berdasarkan keterangan PT. Conch, perusahaan ini telah kehilangan 52 batang roller conveyor yang disimpan di lokasi A5 Koridor Belt Tambang PT. Conch Desa Kaong, Kecamatan Upau.

Puluhan batang roller conveyor tersebut terdiri dari 15 batang dengan ukuran 1.15 meter berwarna merah dan 37 batang dengan ukuran 60 cm berwarna hitam.

Untuk roller conveyor ukuran 1.15 m dihargai sebesar Rp. 690 ribu per batang. Sedangkan, untuk ukuran 60 cm dihargai Rp. 310 ribu per batangnya. Sehingga total kerugian yang dialami oleh PT. Conch sebesar Rp.
21.820.000.

BACA JUGA: Polres Tabalong Endus Tambang Ilegal di Jaro, Excavator dan Dump Truck Diamankan

“Dari pengakuan mereka memang benar mereka bertiga telah melakukan aksi kejahatan pencurian roller conveyor milik PT. Conch. Saat ini ketiganya beserta barbuk sudah diamankan di Polres Tabalong untuk proses lebih lanjut,” ujar Otto.

Adapun satu dari tiga pelaku yakni yang berinisial WH juga akan diproses hukum kasus yang lain. Ini lantaran pada saat dilakukan penangkapan dan penggeledahan badan, ditemukan satu bilah senjata tajam jenis penikam atau penusuk jenis badik dengan panjang kurang lebih 25 cm. Dengan gagang berwarna coklat berbentuk kepala ular lengkap dengan kumpang yang diselipkan dipinggang sebelah kanannya. (jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.