Spanduk Bernada Sindiran Politik Uang Bertebar Jelang PSU, Simak Respons Bawaslu Banjarmasin

0

SUHU politik masih terus memanas jelang pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel pada 9 Juni 2021 nanti. Terbukti, belakangan ini marak bertebaran spanduk-spanduk serta stiker-stiker yang bernada sindiran terhadap praktik politik uang di wilayah PSU. Tak terkecuali di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Ambil contoh spanduk bertuliskan “Ambil Duitnya Jangan Dicucuk Orangnya”. Juga ada pula “Peringatan!!! Gasan Nang Handak Curang” dan sebagainya.

Alih-alih merasa aman, kondisi ini membuat warga setempat mengaku resah. Mereka menilai spanduk-spanduk tersebut sudah mengarah ke tuduhan atau fitnah.

“Fitnah seperti ini menganggap seolah-olah kami akan berlaku curang, akan melakukan pelanggaran dan merusak jalannya PSU,” kata salah seorang warga setempat, Ramli.

BACA JUGA: Saling ‘Sindir’ Antara Denny Indrayana Dan Paman Birin Di ‘Perang’ Baliho Ucapan Idul Fitri

Alhasil, dia bersama beberapa warga lainnya pun mendatangi Sekretariat Bawaslu Kota Banjarmasin unuk melapor keadaan ini, Jumat (21/5/2021).

“Kami meminta Bawaslu agar bertindak tegas dan proaktif untuk menghentikan upaya-upaya dari pihak tertentu yang menyudutkan masyarakat,” katanya, usai melapor.

BACA : Tilik Kekayaan Petarung Pilgub Kalsel : Sahbirin-Muhidin Vs Denny-Difriadi, Siapa Paling Tajir?

Dia meminta Bawaslu maupun aparat Satpol PP untuk turun membersihkan spanduk-spanduk serta stiker yang dianggap ilegal dan berisi fitnah kepada masyarakat. “Kami tunggu 2×24 jam untuk membersihkan. Bila tidak, kami yang lakukan sendiri,” ancamnya.

Komisioner Bawaslu Banjarmasin, Rahmadiansyah mengaku akan menindaklanjuti laporan. Namun, pihaknya mengaku perlu meminta beberapa keterangan lagi dari sejumlah pihak terkait. Lagi pula dalam PSU ini tak ada tahapan kampanye.

“Nanti akan kita minta keterangan lagi, karena masih ada beberapa yang perlu dilengkapi. Titiknya dimana saja, untuk ditindaklanjuti,” ujarnya. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.