Lantai Ruang Induk Masjid Raya Alami Penurunan, Pj Gubernur Kalsel Terjunkan Tim Teknis

0

GAYUNG bersambut, desakan Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Selatan HM Rosehan Noor Bachri akhirnya direspon Penjabat Gubernur Safrizal ZA.

DIREKTUR Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri melaporkan giat peninjauan tim Penjabat Gubernur Kalsel ke masjid raya di Jalan Sudirman, Banjarmasin itu, kepada HM Rosehan NB yang juga anggota Badan Pengawas Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

Pj Gubernur pun langsung menerjunkan Biro Kesra Setdaprov Kalsel bersama tim teknis Bidang Cipta Karya dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mengecek kondisi ruang induk masjid raya yang mengalami penurunan, Jumat (21/5/2021).

“Kondisi eksisting lantai area selatan dan utara dari mihrab (paimaman) diduga mengalami penurunan yang mengakibatkan retakan pada granit lantai sepanjang antar kolom kurang lebih 6 meter yang tersebar dalam 4 titik atau area,” ucap Safrizal ZA.

Ia mengatakan kondisi itu telah dikonsultasikan dengan konsultan perencana renovasi Masjid Raya Sabilal Muhtadin. “Ya, untuk mengetahui bagaimana penanganan dan tindak lanjut terhadap kondisi tersebut. Kondisi penurunan lantai ini kemungkinan dapat dikategorikan rusak ringan dan tidak berakibat fatal pada konstruksi keseluruhan bangunan,” tutur pejabat asal Aceh ini.

BACA : Rosehan Siap Perjuangkan Dana Renovasi Masjid Raya Dan MTQ Nasional 2022 Di Kalsel

Safrizal mengatakan guna mengetahui penyebab pasti, sebagai tindak lanjut akan dilakukan investigasi lebih lanjut bersama konsultan atau tenaga ahli struktur.

Saat datang ke Masjid Raya Sabilal Muhtadin, tim teknis ditemani Badan Pengelola. Respon cepat Penjabat Gubernur Kalsel ini diapresiasi Rosehan.

Mantan Wagub Kalsel ini mengatakan pesan melalui WA pribadinya dari Safrizal membuktikan jika Pemprov Kalsel merespon kondisi kekinian masjid kebanggaan warga Banua itu. “Semoga menjadi amal jariyah beliau, karena walau hanya penjabat, respon dan tindak lanjut dari Pak Safrizal ZA patut kita apresiasi,” ucap Rosehan.

BACA JUGA : Terkumpul Puluhan Juta, Ribuan Warga Bayar Zakat Fitrah di Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan agar segera mengkoordinasikan masalah ini dengan Komisi III dan IV DPRD Kalsel, sehingga bisa cepat dialokasikan dana untuk perbaikan atau renovasi Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

“Apalagi, semua pihak termasuk masyarakat Kalsel tentu mendukung untuk perbaikan bagian ruangan induk yang mengalami penurunan dan keretakan itu,” kata Rosehan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.