Pemprov Kalsel Siaga 1 Banjir, Tak Ingin Panik Pemkot Banjarmasin Minta Warga Tetap Waspada

0

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan telah menetapkan status siaga 1 bencana banjir. Sementara, Pemkot Banjarmasin rupanya tak ingin buru-buru panik dengan memasang status serupa.

KENDATI demikian, pemangku kebijakan di ibukota Kalsel tetap meminta warga untuk selalu waspada dan siaga akan ancaman banjir kedua.

Plh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Mukhyar mengaku sudah melakukan berbagai antisipasi terkait itu. “Belajar dari pengalaman banjir awal tahun tadi, makanya antisipasi terus kita lakukan khususnya melalui instansi terkait,” ucapnya, baru-baru ini.

BACA: Bersiap Hadapi Ancaman Banjir Jilid II, Pemkot Banjarmasin Minta Peran Aktif Warga

Adapun antisipasi yang dilakukan salah satunya adalah terus gencar melaksanakan kegiatan normalisasi dan pengerukan sungai-sungai dangkal.

Hal itu juga pernah dikatakan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin, Doyo Pudjadi, belum lama ini.

“Kita sudah mengerahkan ‘Pasukan Turbo’ untuk melakukan pengerukan sungai-sungai, dan ini tujuannya adalah agar sungai pun bisa menampung debit air lebih besar,” ujarnya.

Senada, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin, Edy Wibowo juga mengaku telah melakukan berbagai persiapan akan ancaman banjir.

“Seperti biasa, kita melakukan pemantauan, memetakan daerah rawan banjir. Mengingatkan ke masyarakat agar tetap waspada,” ujarnya.

BACA JUGA: Banjir Terus Mengintai, Pengamat Minta Pemkot Banjarmasin Siapkan Kebijakan Mikro dan Makro

Sebelumnya, Pj Gubernur Safrizal ZA menetapkan seluruh wilayah di Kalsel berstatus siaga satu, Selasa (18/5/2021).

Salah satu alasan ditetapkannya status ini, tidak lain untuk meminimalisir risiko, baik itu korban harta benda hingga korban jiwa. Sebab, musibah banjir bukan tidak mungkin kembali menjadi sebuah ancaman di sejumlah wilayah yang ada di Bumi Lambung Mangkurat.

Hal ini dikarenakan curah hujan masih sangat tinggi, bahkan diperkirakan puncaknya akan berlangsung hingga Juni 2021 alias bulan depan.

Mengintip data situs resmi BMKG, peringatan dini waspada potensi hujan disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat mengancam sejumlah wilayah di Kalsel. Termasuk Kota Banjarmasin, hingga Jumat (21/5/2021) mendatang.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.