Peringati Harbuknas, Bea Cukai Kotabaru Gelar Even Literasi Bersama 4 Komunitas

0

EVEN literasi dalam rangka Hari Buku Nasional (Harbuknas) ke-19 dihelat Bea Cukai Kotabaru bersama sejumlah komunitas yang ada di kabupaten itu.

ADA empat komunitas yang terlibat. Yakni Pena Sastra SMA 1 Kotabaru, Pecinta Buku MAN Kotabaru, Taman Sastra SMA Garuda Kotabaru dan Rumah Literasi Alma. Harbuknas ke 19 ini diisi pelbagai pengalaman antar komunitas dari pegiat literasi, sembari mengenalkan tugas dan fungsi Bea Cukai di SMAS Garuda Kotabaru, Kalimantan Selatan.

“Event literasi ini diinisiasi oleh Bea Cukai Kotabaru yang merupakan salah satu program mereka untuk mensosialisasikan tentang pentingnya membaca buku dan juga memperkenalkan tugas dan fungsi Bea Cukai Kotabaru kepada peserta, yang disampaikan langsung oleh Pak Haris selaku perwakilan Bea Cukai Kotabaru,” ucap pendiri Lomunitas Taman Sastra, Rahmat Akbar kepada jejakrekam.com, Senin (17/4/2021) sore.

Akbar mengatakan kehadiran beberapa para komunitas literasi/sastra yang ada di Kotabaru, tengah berbagi pengalaman dalam giat literasinya. Kemudian, kata dia, masing-masing perwakilan komunitas menjelaskan kepada peserta mengenai kegiatan yang mereka lakukan dan berhubungan dengan literasi yang ada di Kotabaru.

BACA : Bupati Kotabaru Dilantik, Pj Gubernur Minta Tingkatkan Lagi Kesejahteraan Masyarakat

“Jumlah peserta yang hadir sekitar 17 orang dengan pihak peyelenggara. Komunitas dari Pena Sastra SMA 1 Kotabaru beserta pembina yakni Ratih Ayuningrum berjumlah 3 orang, sedangkan komunitas Pecinta Buku MAN Kotabaru beserta pembina yakni Munawarah berjumlah 3 orang, lalu komunitas Rumah Literasi Alma berjumlah 3 orang dan terakhir, komunitas Taman Sastra Kotabaru berjumlah 5 orang,” bebernya.

Tujuan acara diungkapkan Akbar adalah mengajak para peserta agar giat membaca, dan mengingatkan bahwa literasi itu sangat penting dilakukan sejak usia dini, “Selain itu, peserta juga dapat mengenal lebih jauh menggali informasi tentang fungsi dan tugas Bea Cukai di Kotabaru,” katanya.

Ke depan, Akbar berharap agar event literasi ini dapat dilakukan secara berkesinambungan dan mengingat adanya perwakilan komunitas literasi yang ada di Kotabaru, “Dari sini kepada peserta (siswa), perwakilan komunitas pun dapat menyampaikan tentang pentingnya literasi bagi kehidupan,” ucapnya.

BACA JUGA : Pesan Damai dalam Film Kasumbi, Generasi Muda Kotabaru Diasah Toleransi

Setelah itu, penyerahan masker Bea Cukai kepada komunitas beserta hadiah buku antologi cerpen “Merajut Asa” dan sementara, pembacaan puisi dari anggota Rumah Literasi Alma Kotabaru dan pembacaan pantun dari anggota Taman Sastra Kotabaru dan terakhir penyerahan Cindra Mata dari Bea Cukai kepada peserta.

“Bertepatan dengan Harbuknas yang ke-19 ini, maka dijadikan sebagai momentum agar supaya lebih giat lagi dalam membaca buku ditengah moderenisasi yang serba digital. Satu pesan bahwa dengan buku maka hidupmu akan lebih bermutu, tanpa buku maka hidupmu akan cepat berlalu,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Rahm Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.