Danrem 101/Antasari: Tingkatkan Akselerasi Pembangunan Daerah Melalui TMMD

0

PROGRAM TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) TA 2021 akan kembali dibuka. Program ini merupakan Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.

KEGIATAN yang dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan berbagai unsur, yaitu Pemerintah Daerah, Polri dan instansi terkait lainnya serta masyarakat setempat. Dengan tujuan untuk membantu pemerintah daerah, guna meningkatkan akselerasi pembangunan insfrastruktur serta membuka daerah yang terisolir.

Kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kehidupan berbangsa maupun bernegara jadi tujuan akhir, dalam melengkapi kepentingan pertahanan serta tetap terpeliharanya Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Guna suksesnya pelaksanaan TMMD ke-111 TA 2021 Korem 101/Antasari, melaksanakan paparan bagi satuan yang akan melaksanakan TMMD. Rapat pengarahan dilaksanakan di Ruang Yudha Makorem 101/ANT, pada Selasa (18/05/2021).

BACA: TMMD ke-110 Kodim 1008/Tanjung Ditutup, Danrem Apresiasi Dukungan Pemkab Tabalong

Rapat dipimpin oleh Danrem 101/ANT Brigjen TNI Firmansyah, dihadiri oleh Kasrem 101/ANT, Para Kasi Korem, Dandim 1009/Pelaihari dan Dandim 1010/Rantau.

Pemerintah Provinsi Kalsel, dalam hal ini instansi terkait yang hadir Kepala Bappeda Prov Kalsel, Kadis PMD Prov Kalsel, Kadis PUPR Prov Kalsel dan Kaper BKKBN Prov Kalsel.

Danrem 101/ANT Brigjen TNI Firmansyah dalam sambutannya menyampaikan tempat pelaksanaan TMMD. “Pelaksanaan TMMD ke-111 Ta 2021 dilaksanakan di dua wilayah, yaitu Kodim 1009/Pelaihari tepatnya di Desa Tanjung Kecamatan Bajuin dan Kodim 1010/Rantau di Desa Suato Lama Kecamatan Salam Babaris,” sebutnya.

BAA LAGI: Satgas TMMD Sosialisasikan Rekrutmen Prajurit TNI AD Pada Pelajar di Desa Lok Batu

“Pemilihan sasaran fisik diharapkan benar-benar dipilih desa yang terisolir ataupun tertinggal, jika dibandingkan dengan desa lainnya. Atau sesuai dengan usulan dari masyarakat (Bottom up Planning), termasuk pelaksanaan bedah rumah tidak layak huni,” sambungnya.

“Dalam pelaksanaan TMMD ke-111 ini, juga terdapat lomba yang harus diikuti oleh masing-masing Kodim. Lomba penilaian kategori Dansatgas, kategori media cetak/online dan juga kategori media elektronik,” bebernya.

“Selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan instansi terkait lainnya, guna tercapainya keberhasilan dan ketepatan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” pungkasnya.

BACA JUGA: TMMD ke-110 Kodim 1008/Tanjung: Tentara Turun Tangan Bangun Pagar dan Cor Lantai Masjid

Kegiatan TMMD ke 111 mulai dilaksanakan pada minggu ke 2 bulan Juni sampai dengan minggu ke 2 bulan Juli tahun 2021.

Sasaran fisik berupa pembuatan badan jalan menuju daerah terisolir. Selain itu pemasangan gorong-gorong, pembuatan drainase, perbaikan fasilitas ibadah, rehab rumah, rehab TK Al Qur’an, dan rehab Poskamling.

Sedangkan untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, peternakan, kehutanan, sosialisasi penanggulangan bencana alam. Perbaikan kualitas jasmani melalui kegiatan Posyandu, Posbindu, stunting, penyuluhan KB, kesehatan dan dampak pernikahan dini, serta penyuluhan bahaya narkoba.

TMMD juga menyampaikan informasi dan penyuluhan terkait isu nasional seperti rekrutmen TNI, sosialisasi tentang Covid-19 dan PPKM. Ditambah kelas lapangan untuk meningkatkan minat baca, bekerjasama dengan Dispersip Prov Kalsel serta kegiatan bakti sosial lainnya.(jejakrekam)

Penulis asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.