Toko Obat dan Apotik Diserbu Warga, Dokter Meldy: Berbagai Penyakit Muncul Setelah Lebaran

0

SETELAH lebaran saat ini toko obat dan appotik yang berada di Kota Banjarmasin panen rezeki. Dikarenakan banyak warga yang menyerbu untuk membeli obat untuk menyembuhkan penyakit mereka.

DARI pantauan jejakrekam.com, Minggu (16/5/2021) malam, Apotik Mukarramah yang berada di jalan Jafri Zam-zam penuh dengan orang yang membeli obat.

Fatimah (46) warga Jalan Veteran mengungkapkan keperluannya datang ke apotik. “Saya ingin membeli obat sakit perut, karena beberapa hari ini setelah lebaran perut saya sakit sekali,” ujarnya.

BACA: Kesehatan dalam Pandangan Islam

Idul Fitri atau hari lebaran biasanya dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga, hingga bertemu dengan sahabat dan tetangga. Beragam sajian dihidangkan sebagai jamuan untuk tamu yang berkunjung ke rumah.

Tak jarang banyak yang berlebihan dalam menyantap hidangan. Sehingga berbagai penyakit atau gangguan kesehatan muncul, ungkap dr Meldy Muzada Elfa, SpPD FINASIM kepada jejakrekam.com.

Dokter spesialis penyakit dalam di RSUD Ulin Banjarmasin ini menyebut, penyakit yang muncul setelah lebaran biasanya terkait dengan pencernaan akibat makanan dan minuman.

BACA JUGA: Idul Fitri Lebih Aman dengan Protokol Kesehatan

“Disamping pencernaan, juga sering muncul keluhan nyeri kepala, mual serta muntah. Hal ini disebabkan mobilisasi masyarakat, karena kunjungan keluarga. Kemudian intensitas makanan meningkat termasuk tinggi lemak dan garam, sehingga terjadi peningkatan tekanan darah,” ungkap Ketua DPW Pemuda Muhamadiyah Kalsel ini.

Wakil Direktur Rumah Sakit Islam Banjarmasin ini pun mengingatkan untuk tidak makan berlebihan. Setidaknya mengganti dengan makanan tinggi serat seperti buah dan sayur.

“Kurangi makanan bersantan, dan kurangi minuman dengan es. Jangan mengonsumsi makanan yang manis secara berlebihan, dan usahakan tetap melakukan olahraga,” sarannya.(jejakrekam)

Penulis asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.