Bupati HSS Komitmen Jaga Situs Bersejarah Perjuangan ALRI Divisi IV Kalimantan

0

KEDATANGAN Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M Tr Hanla ke Kandangan, disambut Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry.

BUPATI didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten HSS, menyambut rombongan Danlanal Banjarmasin saat berkunjung  ke Museum Rakyat HSS Hamalau, Kecamtan Sungai Raya, Senin (17/5/2021).

Setibanya di Museum Rakyat HSS, Danlanal Banjarmasin menyempatkan melihat koleksi benda-benda bersejarah yang dimiliki museum. Di antaranya seperti Miniatur Masjid Su’ada atau yang lebih dikenal dengan Masjid Baangkat yang ada di Desa Wasah Hilir, Kecamatan Simpur.

Kemudian, koleksi perabot kursi basusur paikat, kastok dan cermin milik Pangitak Aban, telepon, Jam Ning Nung 555 milik H Matlakam, potret fase Perjuangan Rakyat HSS tahun 1949. Ada pula, koleksi senjata-senjata yang digunakan dalam perjuangan Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, potret situs perjuangan rakyat HSS, hingga perabot rumah tangga yang digunakan pada masa tersebut.

BACA : Kenang Peristiwa Bersejarah, Wabup HSS Janji Segera Renovasi Monumen Munggu Raya

“Pemkab HSS konsisten untuk memperingati HUT Proklamasi Ke-72 Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan setiap tanggal 17 Mei, meski masih berada pada pandemi Covid-19. Ada tidaknya arahan dari Pemprov Kalsel, namun bagi kami setiap tanggal 17 Mei, HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV merupakan hari yang bersejarah serta fundamental,” ucap Bupati HSS Achmad Fikry.

Ia menjelaskan Pemkab HSS juga menggelar apel peringatan Proklamasi 17 Mei. Bahkan, sebelum Hari Raya Idul Fitri, pemerintah  daerah telah mengunjungi veteran dan janda veteran untuk memberikan tali asih agar bisa berlebaran.

“Kami juga berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan situs- situs sejarah perjuangan Tentara ALRI Divisi IV Pertanahan Kalimantan yang ada di Kabupaten HSS. Bahkan, pada pagi tadi, telah diresmikan pembangunan Monumen Munggu Raya yang berada di Kecamatan Sungai Raya untuk dimulai,” papar Fikry.

Sementara itu, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut Herbiyantoko merasa terhormat dan bahagia, apalagi dalam kunjungan kerjanya disambut langsung petinggi daerah.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.