Ribuan Jamaah Padati Masjid Raya Shiratal Mustaqim Muara Teweh

0

RIBUAN kaum muslimin padati masjid raya shiratal mustaqim kota Muara Teweh untuk melaksanakan sholat Idul Fitri 1442 Hijriyah, Kamis (13/5/2021).

SELAIN di dalam ruang induk, warga juga sholat hingga halaman masjid. Hal ini, karena masjid tidak dapat menampung para jamaah. Selain itu, panitia masjid juga menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah daerah.

BACA: Bupati H Nadalsyah Berikan Bantuan Masker Ke Masjid

Ketua panitia Masjid Raya Shiratal Mustaqim, H Akhmad Gazali mengatakan, untuk tahun ini kaum muslimin diberikan kelonggaran dalam melaksanakan ibadah. Namun, seluruh jemaah wajib memakai masker sesuai dengan protokol kesehatan.

Dikatakan, beda dengan pelaksanaan hari raya Idul fitri tahun lalu, di masjid terbesar kota Muara Teweh, yang tidak melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri. Karena ada imbauan dari pemerintah, sehingga panitia mematuhi anjuran tersebut. “Dibandingkan tahun kemarin kita tidak melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri di masjid karena adanya pandemi Covid-19, namun warga diminta di rumah saja,” katanya.

BACA JUGA: Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Tim Yustisi Himbau Rumah Ibadah

Pantauan di lapangan, sholat Idul Fitri diikuti dengan kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan dengan menggunakan masker. Selain itu, panitia masjid juga membatasi ruang jarak dengan memberi tanda silang warna merah sebagai pembatas. Kemudian para jamaah wanita juga melaksanakan secara bersama dengan shaf di belakang dengan diberi dinding pembatas.

Untuk pelaksanaan sholat juga dimulai pada pukul 6.30 WIB. Dengan Khatib sekaligus Imam HM Yusi Abdian yang merupakan Kepala Kementerian Agama Barito Utara.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.