Idul Fitri 1442 Hijriyah, Sajian Menu Ketupat dan Lontong

0

GEMA Takbir Allahu Akbar menyeruak 1 Syawwal 1442 Hijriyah di penjuru bumi. Tak terkecuali di Kota Banjarmasin, dan Kalimantan Selatan. Meski demikian, Perayaan lebaran Idul Fitri tidak dapat dipisahkan dari aneka makanan yang dinikmati selepas bersilaturahmi bersama keluarga. Idul Fitri 1442 Hijriyah / 13 Mei 2021 kali ini pun, tetap tersajikan dengan menu ‘Ketupat dan Lontong Ala Sungai Baru’ Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

MAKANAN yang banyak dijumpai saat Lebaran adalah ketupat dan lontong. Kedua makanan yang berbahan dasar beras ini biasa dimakan dengan sayur berkuah atau pun lauk lainnya. Meskipun sama-sama berbahan dasar beras, ketupat dan lontong adalah dua makanan yang sangat berbeda. Perbedaan mendasar yang membedakan keduanya adalah dimensi makanan seperti tekstur, volume, serta warna.

BACA: Raup Keuntungan, Pedagang Ketupat Kampung Wisata Sungai Baru Banjir Orderan

Menengok penjualan ketupat dan lontong, di Kawasan Wisata Ketupat Sungai Baru Kota Banjarmasin sungguh menakjubkan. Pasalnya, warga Kota Seribu Sungai masing-masing tetap saja memborong ketupat dan lontong untuk perayaan lebaran Kamis 13 Mei 2021. Walau kondisi pandemi Covid-19 masih belum reda, namun ghirah merayakan Idul Fitri Hari Kemenangan Umat Muslim menjadi prioritas utama.

Seperti biasa, Jalan A Yani Km 1 hingga Km 2 berjejer penjual ketupat dan lontong menawarkan dagangannya kepada warga yang lewat. Keberkahan Idul Fitri 1442 Hijriyah kali ini semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. Dan sajian ketupat dan lontong pun menjadi menu makanan istimewa di lebaran ini. Selamat Idul Fitri ya…Mohon Maaf Lahir Batin. (jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.