Soal Hasil Seleksi, Usai Lebaran, Komisi I DPRD Kalsel Segera Panggil Timsel KPID

0

DESAKAN 9 peserta seleksi calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KIPD) Kalimantan Selatan soal dugaan tak transparan atas hasil tes tertulis dihelat tim seleksi, langsung direspon Komisi I DPRD Kalsel.

KOMISI yang membidangi pemerintahan, penyiaran dan hukum ini berencana akan segera memanggil lima Tim Seleksi Calon Anggota KPID Kalimantan Selatan periode 2021-2024 yang diketuai Prof Dr Abdul Hafiz Anshari.

“Ya, kami sudah menerima surat tanggapan yang diajukan 9 peserta seleksi calon anggota KPID Kalsel. Nantinya, usai lebaran, akan kami rapatkan untuk digelar rapat dengar pendapat untuk meminta keterangan dari Timsel,” ucap Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Hj Rachmah Norlias kepada jejakrekam.com, Selasa (11/5/2021) malam.

Menurut dia, keterangan resmi dari Timsel Calon Anggota KPID Kalsel sangat penting didengar, karena ada surat tanggapan 9 peserta yang merasa keberatan atas hasil tes tertulis (CAT) di Laboratorium MIPA Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru, pada Senin (5/5/2021) lalu.

Termasuk, kata Rachmah, soal adanya hubungan darah atau keluarga antara peserta calon anggota KPID Kalsel dengan salah satu tim seleksi. Termasuk, berbagai masalah yang mengemuka.

BACA : Merasa Dizalimi, 9 Peserta Tes KPID Desak Komisi I DPRD Kalsel Turun Tangan

Hanya saja, mantan Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin ini menegaskan semua laporan dan masalah itu harus tetap diputuskan lewat rapat komisi guna diajukan ke pimpinan DPRD Kalsel memanggil atau meminta keterangan dari tim seleksi.

“Walau saya ketua komisi, tapi harus melibatkan semua unsur pimpinan dan anggota komisi dalam menyikapi surat tanggapan yang diajukan 9 peserta itu. Ya, habis lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah, ini akan kami agendakan jadwal rapat dengar pendapat,” tegas politisi perempuan PAN ini.

Rachmah pun menegaskan tak ingin berandai-andai. Sebab, menurut dia, keterangan dari Timsel Calon Anggota KPID Kalsel sangat penting didapat, terkait proses dan tahapan seleksi hingga nanti diserahkan ke DPRD untuk melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

“Yang pasti, kami minta keterangan dari Timsel dulu. Jadi, jelas duduk persoalannya. Kami jelas menindaklanjuti soal surat tanggapan yang diajukan para peserta seleksi calon anggota KPID Kalsel itu,” tandas Rachmah.

BACA : Didesak Tes Tertulis Seleksi Anggota KPID Kalsel Diulang? Ini Jawaban Ketua Timsel

Sebelumnya, dalam surat tanggapan tertanggal 10 Mei 2021 yang diteken 9 peserta seleksi calon anggota KPID Kalsel. Mereka adalah Muhammad Saufi, Abdan Syakura, Ahdiat Gazali Rahman, HM Riduansyah, Safwani, Rafiqah, Noorhalis Majid dan Willy Ramadan serta Ahmad Sahal.

Mereka meminta Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan agar turun tangan. Ada beberapa alasan yang diungkapkan mereka terkait dengan tahapan seleksi hingga tes tertulis yang dianggap masih bermasalah.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.