Angka Kematian Akibat Covid-19 di Kalsel Turun

0

PENJABAT Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA mengapresiasi upaya bersama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

SEPERTI mengurangi angka kematian akibat covid mulai membuahkan hasil. Ini terbukti berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel Hingga Kamis (5/5/2021) angka kematian akibat Covid-19 di Kalsel mencapai 2,88 persen.

Angka tersebut turun jika dibandingkan tanggal 28 bulan Februari 2021 yang mencapai 3,33 persen.

PJ Gubernur juga mengapresiasi Kabupaten Kotabaru dalam menekan case fatality rate atau angka kematian akibat Covid-19. Sudah seminggu ini Kabupaten Kotabaru 0 angka kematian.

“Kita mengapresiasi langkah Kabupaten Kotabaru dalam menekan angka kematian, sudah seminggu ini angka kematian 0, kita doakan ini terus dipertahankan. Semoga juga daerah lain di Kalsel juga demikian,” ucapnya saat pada saat melakukan sosialisasi peniadaan mudik di Kabupaten Kotabaru, Jumat (7/5/2021).

Menurut Safrizal, salah satu fokus Pemprov Kalsel adalah menekan angka kematian akibat Covid 19. Tentunya setiap upaya yang dilakukan harus diiringi dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Kita tidak bosan bosanya menyampaikan kepada masyarakat untuk terus menerapkan 5 M,” katanya.

Tanpa penerapan prokes penularan Covid 19 akan sangat tidak terkendali seperti yang dialami India. Safrizal pun meminta masyarakat untuk berkaca pada kasus Covid-19 yang terjadi di negara tersebut.

Menurutnya, peningkatan kasus yang sangat banyak ini mengakibatkan rumah sakit penuh, sehingga pasien tidak mendapat pelayanan yang baik dan angka kematian meningkat. Dalam hal ini, rata- rata harian kasus di India lebih dari 400.000 kasus per hari dan angka kematian mencapai 4.000.

“Mari kita jadikan keadaan di India sebagai pelajaran bagi kita, jangan anggap enteng, Covid-19 masih ada dan belum berakhir,” ucapnya.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan hibah bidang keagamaan sebesar Rp 775 juta.

Turut hadir Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Adi Santoso, Kepala Dinas Pariwisata Syarifuddin, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Poltik Heriansyah, Kepala Dinas Kesehatan HM Muslim.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.