Polda Kalsel Gelar Operasi Ketupat 2021

0

POLDA Kalsel menggelar Operasi Ketupat 2021 yang mulai dilaksanakan dari  6 – 17 Mei 2021. Operasi ini menciptakan suasana kondusif, aman dan tertib pada Ramadhan hingga Idul Fitri 1442 Hijriyah di masa pandemi Covid-19.

GELAR Pasukan Operasi Ketupat Intan 2021berlangsung, Rabu 5 Mei 2021, di halaman Mapolda Kalsel dipimpin Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA, dihadiri Kapolda Irjen Pol Rikwanto dan Danrem  101/Antasari, Brigjen TNI Firmansyah.

Safrizal mengatakan, secara nasional, mudik lebaran ditiadakan mulai 6 Mei 2021 dan masyarakat diharapkan tidak memaksakan diri atau memaksa petugas melakukan tindakan tidak perlu.  Melainkan bersilaturahmi dengan cara lain seperti video call dan lain-lain semata-mata menjaga agar sebaran Covid 19 tidak meluas. “Jangan memaksa petugas di lapangan melakukan aktivitas yang tidak perlu,” pesannya.

BACA: Alasan Pandemi Covid-19, Operasi Zebra 2020 Dipastikan Tak Ada Penindakan

Pembatasan perjalanan mudik sesuai Larangan itu tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Melalui surat edaran ini, pemerintah melarang masyarakat melakukan kegiatan mudik lebaran demi mencegah penularan virus corona Covid-19. Larangan ini diberlakukan untuk moda transportasi darat, laut dan udara. 

Safrizal juga menyebut, akan ada titik titik penyekatan yakni penyekatan antarprovinsi dan antarkota yang mengharuskan persyaratan tertentu untuk melewatinya.

Misalnya menunjukkan surat perjalanan dan hasil tes antigen, PCR yang disediakan pemerintah daerah. “Begitu juga pelaksanaan ibadah Idul Fitri 1442 Hijriyah, pengelola tempat ibadah dapat menerapkan protokol kesehatan, jamaah wajib pakai masker,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Asikin
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.