Safrizal ZA Ingatkan, Larangan Mudik Untuk Keselamatan Bersama

0

PENJABAT Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA mengajak warga banua untuk tidak mudik Idul Fitri pada tahun ini. Hal ini dilakukan untuk melindungi masyarakat dari potensi meningkatnya penularan Covid-19 di Banua.

PENIADAAN mudik ini disampaikan Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal Za usai pelantikan Sekda Prov Kalsel di Mahligai Pancasila, Senin (3/5/2021).

“Saya ajak semua pihak untuk mensupport kebijakan Bapak Presiden peniadaan mudik tahun ini, ini adalah kebijakan nasional, tidak hanya Kalsel. Kita tidak ingin pandemi seperti di India saat ini, terjadi di Kalsel. Ini untuk keselamatan bersama,” katanya.

BACA: Resmi SE Peniadaan Mudik Idul Fitri 1442 Hijriyah Keluar

Safrizal menegaskan, tidak hanya antar provinsi, mudik lokal antar kabupaten/kota juga dilarang. “Mudik kabupaten/kota juga ada prosedurnya. Akan ada penyekatan, bagi yang tidak membawa surat sehat dan dokumen pendukung lainya, maka akan diminta putar balik,” tegasnya.

Safrizal mengaku, dirinya telah bertemu dengan tokoh agama untuk meminta tolong menyerukan peniadaan mudik lebaran tahun ini.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Muhammad Tito Karnavian memimpin Rapat Koordinasi Penegakkan Displin Prokes dan Penanganan Covid-19 yang diikuti oleh seluruh kepala daerah se-Indonesia.

Mendagri menyebut bahwa masyarakat Indonesia harus belajar dari kasus yang terjadi di India. Ia menuturkan bahwa masyarakat India lengah karena euforia atas melandainya kasus penularan Covid-19 dengan melakukan aktivitas yang mengabaikan protokol kesehatan.(jejakrekam)

Penulis asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.