Bersiap Hadapi Ancaman Banjir Jilid II, Pemkot Banjarmasin Minta Peran Aktif Warga

0

PANDEMI Covid-19 tak kunjung mereda, Pemerintah Kota Banjarmasin pun kini tengah bersiap menghadapi ancaman banjir jilid II (dua).

PERNAH diwartakan sebelumnya, puncak fenomena air pasang diprediksi bakal terjadi pada bulan Mei ini. Ketinggiannya bisa mencapai 2,4 sampai 2,7 meter, yang terjadi pada 6 Mei nanti.

Pemkot Banjarmasin melalui Dinas PUPR Kota Banjarmasin mengklaim tengah melakukan berbagai antisipasi. Mulai dari pengerukan sungai-sungai alias program normalisasi, utamanya kawasan Ahmad Yani dan Veteran.

BACA: Banjir Terus Mengintai, Pengamat Minta Pemkot Banjarmasin Siapkan Kebijakan Mikro dan Makro

Plt Kepala PUPR Banjarmasin, Doyo Pudjadi menyatakan bahwa program yang sudah telah dikerjakan pasca banjir beberapa bulan lalu itu sekarang sudah berjalan 50 persen dari target. “Yang kita kerjakan sejak tanggap darurat itu sudah berjalan 50 persen. Nah, sekarang 50 persen sisanya ini akan kita selesaikan,” ucapnya, Senin (3/5/2021).

Doyo mengklaim program tersebut sudah cukup efektif. Bahkan kini sejumlah kawasan yang kerap diterjang ‘calap’ pun terjadi tidak tidak berlangsung lama.

Apalagi, sekarang pihaknya menyebar 50 anggota dari tim ‘pasukan turbo’ ke sungai-sungai untuk melakukan pengerukan, guna melancarkan arus sungai. “Setiap hari kita sebar, termasuk ke sungai-sungai dangkal yang berasal dari laporan warga juga didatangi,” tuturnya.

Selain upaya pemerintah, Doyo meminta peran aktif warga. Terlebih, kawasan yang paling berdampak dan masih rawan diterjang banjir seperti Banjarmasin Selatan dan Timur. “Kita mengimbau kepada masyarakat untuk turut aktif melakukan antisipasi. Caranya bisa dengan gotong royong membersihkan saluran-saluran di wilayahnya,” imbaunya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.