Jelang Lebaran, Penyedia Jasa Tukar Uang Sudah Bertebaran

0

LEBARAN Idul Fitri 1442 Hijriah tinggal 8 hari lagi. Penyedia jasa tukar uang di Kota Banjarmasin semakin marak, menjadi fenomena tahunan saat bulan Ramadhan.

PANTAUAN jejakrekam.com pada Senin (3/4/2021) siang, sejumlah penyedia jasa tukar uang bertebaran di kawasan pusat kota seperti di Jalan Lambung Mangkurat.

Sejak pagi hari, para penyedia jasa penukaran uang baru ini sudah menghiasi bahu jalan dan trotoar. Tidak ketinggalan dengan aksinya yang menentengkan sejumlah uang.

BACA: Sehari Bisa Habiskan Penukaran Uang Baru Rp 15 Juta

Dibandingkan 2020 lalu, tahun kedua Ramadhan di tengah pandemi Covid-19 ini penghasilan penyedia jasa tukar uang dipastikan meningkat. “Pendapatan dibanding tahun tadi meningkat,” ungkap salah seorang penyedia jasa tukar uang yang mangkal di Jalan Lambung Mangkurat, Udin.

Pria kelahiran tahun 1971 itu mengakui bisnis ini banyak diminati. Setiap tahun, ada saja orang baru yang sedikit demi sedikit melakoni bisni ini.

Keberadaan mereka, dianggap membantu untuk menukarkan uang. Meski uang tersebut dijual belikan dengan harga sekitar 10 persen dari jumlah yang ditukarkan.

BACA JUGA: Hidupkan Tradisi Salikuran, Pelosok Banjarmasin Mulai Dihiasi Lampu Kerlap-Kerlip

Diungkapkannya, pecahan uang baru yang paling dicari warga itu merata. Baik pecahan Rp 5 ribu, Rp 10 ribu atau Rp 20 ribu. Tapi persentasenya hampir 80 persen orang mencari uang Rp 5-10 ribu-an.

Udin menyatakan bahwa kondisi ini masih belum dianggap puncaknya. Biasanya, penyedia jasa tukar uang ini kebanjiran orderan pada saat lima hingga dua hari menjelang lebaran. “H-5 itu semakin ramai. Dan H-2 itu biasanya pecahan uangnya sudah mulai habis,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.