Jelang Idul Fitri 1442 Hijriyah, Pasar ‘Tanah Abang’nya Banjarmasin Makin Ramai

0

PASAR UJUNG Murung Banjarmasin atau lebih dikenal ‘Tanah Abang’-nya Kota Banjarmasin mulai sibuk dengan makin ramai berdatangannya warga, mulai berbelanja maupun hanya ‘balalihat haja’.  

MAKLUM tinggal 9 hari lagi Idul Fitri 1442 Hijriyah bisa kita temui (Insya Allah), sehingga seperti biasa warga dari berbagai pelosok di wilayah Kalimantan Selatan, terutama Banjarmasin bersiap-siap dan berbelanja untuk memenuhi hari sakral 1 Syawwal 1442 Hijriyah tersebut.

Berdasarkan pantauan jejakrekam.com terlihat iring-iringan kendaraan bermotor, dan para pejalan kaki membelah arus lalu lintas yang menghubungkan ke Jalan Pangeran Samudera untuk menuju Pasar Ujung Murung alias ‘Tanah Abang’-nya Banjarmasin, sejak Sabtu hingga Minggu (2/5/2021).

Tak ketinggalan petugas kepolisian Unit Satlantas Polresta Banjarmasin pun sibuk mengatur dan mencegah kemacetan di jalan.

BACA: Mimpi Laiknya Tanah Abang, Peremajaan Pasar Ujung Murung Kembali Gaung

Kepadatan di Pasar Ujung Murung Banjarmasin ini lah menjadi tradisi tersendiri untuk berbelanja dengan kebutuhan masing-masing warga. Meski demikian, para pejalan kaki, pengendara roda dua dan roda empat terlihat tertib, sambil menunggu terurainya kepadatan lalu lintas.

Tampak pula puluhan mobil di parkiran Pasar Ujung Murung terlihat mengangkut barang dan sembako untuk di bawa keluar daerah seperti Kuala Kapuas, Palangkaraya, Banua Anam, dan beberapa daerah lainnya di luar Banjarmasin.

“Saya mengangkut bahan pokok sembako ke Barabai dan Banua Anam untuk kebutuhan jelang Idul Fitri dengan mobil truk. Maklum kondisi banjir bulan lalu mengharuskan kami sempat kekurangan sembako. Tapi pas Ramadhan dan jelang Idul Fitri ini kami bisa membeli di Pasar Ujung Murung kebutuhan pokok dengan kondisi jalan sudah membaik,” tutur Aditya salah seorang pedagang di Banua Anam yang bertandang ke Pasar Ujung Murung.

Ia pun bersyukur tak ada larangan keluar daerah mengangkut sembako di pandemi Covid-19 ini. “Syukur Alhamdulillah armada mobil pengangkut sembako tak ada larangan dari petugas mengangkut sembako dari Pasar Ujung Murung ke Banua Anam. Tapi kami tetap melengkapi surat menyurutnya agar di perjalanan tak ada hambatan,” imbuhnya.

Tanah Abang populer dengan pasar yang memiliki nama sama Kecamatan Tanah Abang di Jakarta Pusat, yaitu kumpulan besar toko dan kios yang menjual pakaian, tekstil, barang-barang keagamaan, dan lainnya. (jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.