Tangkal Arogansi, Relawan Jaga Banua Dibentuk

0

TIM Pemenangan H Sahbirin Noor-Muhidin membentuk ‘Relawan Jaga Banua’ yang beranggotakan berbagai elemen masyarakat asli Banua.

RELAWAN Jaga Banua mulai Jumat malam dibentuk di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan beranggotakan warga sekitar. Tujuannya untuk memantau berbagai gerakan politik dan sosial yang ada di lingkungan masing-masing. Termasuk menangkal arogansi dalam berbagai aksi intimidasi, intervensi berbau sweeping dan aksi lain. Dalam berbagai kegiatan sosial masyarakat yang ada di kampung-kampung tempat Pemungutan Suara Ulang (PSU) akan berlangsung,” kata Ketua Tim Hukum dari Tim Pemenangan Paman Birin Ricky Teguh SH MH dalam keterangannya di Banjarmasin, Jumat (30/4/2021) malam

Dia menyebutkan, lahirnya ‘Relawan Jaga Banua’ merupakan reaksi dari atas munculnya ‘Tim Tangkap Tangan’ yang dibentuk beberapa pihak.

Ricky mencontohkan aksi arogansi paling mutakhir, yakni melakukan sweeping dan intimidasi terhadap mantan pembekal Desa Tambak Baru Gusti Nasrudin yang kemudian diviralkan sebelum ada proses hukum.  “Cara-cara itu penuh dengan arogansi, kesombongan, sok kuasa, merasa suci, bahkan mengambil alih peran aparat penegak hukum. Seolah-olah dapat menyatakan sesuatu benar dan salah, bahkan sebelum proses hukum berjalan,” tegas Ricky.

BACA: Selisih 8.127 Suara, Paslon BirinMu Menjadi Jawara di Pilkada Kalsel

Sebab itulah, sambungnya, aksi arogansi semacam itu harus dilawan seluruh warga Banua. “Terlebih orang-orang yang datang ke kampung-kampung kita tersebut bukanlah Urang Banua, melainkan orang luar Kalsel. Datang dengan bahasa luar, adat luar, tidak ada sopan santun yang berpotensi membuat bibit masalah dan konflik di kampung-kampung kita,” tambahnya.

Ricky memaparkan bagaimana anak mantan pembekal Desa Tambak Baru merasa keberatan atas aksi penggrebekan dan introgasi terhadap ayahnya Gusti Nasrudin yang diviralkan secara sepihak. Padahal secara jelas Bawaslu Kalsel telah memvonis bahwa Paman Bakul tak memenuhi unsur pelanggaran. “Ya, hanya menjaga harga diri Banua kita, maka pembentukan ‘Relawan Jaga Banua’ Insya Allah langkah tepat,” tutur Ricky. 

Pria ini meyakinkan akan membackup penuh seluruh ‘Relawan Jaga Banua’ yang menjaga lingkungan masing-masing dari intervensi pihak luar. “Tim Hukum juga bakal melakukan seluruh langkah dan upaya hukum jika para relawan Jaga Banua menemukan berbagai hal yang justru mencederai adab Banua dan demokrasi,” katanya.

BACA JUGA : Dongkrak Partisipasi Pemilih, Aliansi Buruh Banua Berharap Pemerintah Liburkan Pekerja Saat PSU

Untuk itulah, menurut Ricky, Tim Pemenangan Paman Birin-Muhidin dengan kerendahan hati mengajak para ulama, habaib, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, bubuhan jagau di kampung untuk bergabung dengan ‘Relawan Jaga Banua’.  “Saatnya kita jaga kampung dan Banua kita saurang dari upaya pecah-belah, adu domba dan keingingan menguasai Banua oleh kelompok-kelompok tertentu dari luar Banua Banjar tercinta melalui PSU Pilkada Gubernur Kalsel 2021 ini,” tandas Ricky.

Akhirnya kepada Allah SWT jualah kita serahkan seluruh niat, ikhtiar dan perjuangan agar berbuah kemenangan untuk Paman Birin-Muhidin. “Yang berarti adalah kemenangan kita Bubuhan Banua,” imbuh Ricky. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.