Pasca PSU Pilwali Banjarmasin, Partisipasi Pemilih Meningkat 11 Persen

0

ANGKA partisipasi pemilih di Piwali Banjarmasin meningkat pasca Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan; Murung Raya, Mantuil dan Basirih Selatan.

DIBANDINGKAN saat gelaran 9 Desember 2020 lalu yang hanya sebanyak 51 persen, angka partisipasi pemilih pada PSU 28 April 2021 kali ini meningkat sekitar 11 persen. “Jika pada 9 Desember lalu cuma 51 persen, pada PSU ini partisipasi pemilih mencapai 62 persen,” kata Komisioner KPU Banjarmasin, Taufiqurrakhman, Sabtu (1/5/2021).

Pria yang menjabat sebagai Divisi Sosialisasi Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU tersebut menilai kondisi ini sebagai hal positif.

BACA: Partisipasi Pemilih PSU Diprediksi Menurun, KPU Hanya Bisa Berharap

Meningkatnya partisipasi pemilih mengindikasikan kesadaran masyarakat akan pentingnya memberikan hak suara dalam pelaksanaan pilkada. “Tentunya ini berita bagus, masyarakat sudah semakin banyak yang memiliki kesadaran menggunakan hak pilihnya dalam menentukan pemimpin di Kota Banjarmasin,” ucapnya.

Meski demikian, ia mengakui bahwa angka itu belum cukup untuk mencapai target partisipasi yang dicanangkan KPU sebelumnya. Yakni 75 persen. “Nyatanya pemilih di 3 kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan hanya mencapai 51 persen. Sedangkan capaian partisipasi untuk seluruh Kota Banjarmasin hanya mencapai 57 persen lebih,” imbuhnya.

BACA JUGA: Pemkot Yakin Partisipasi Pemilih PSU Meningkat

Taufiq mengklaim pihaknya sudah semaksimal mungkin melaksakan sosialisai PSU bersama stakeholder terkait, guna meningkatkan pemilih agar bisa memberikan hak suaranya di ajang PSU tersebut.

Untuk itu, pihaknya berjanji akan terus melakukan evaluasi dengan melaksanakan sosialisasi tatap muka bersama tokoh masyarakat. Melalui baliho spanduk, brosur, poster hingga media sosial untuk meningkatkan partisipasi pemilih jelang pelaksanaan PSU tingkat Pemilihan Gubernur (Pilgub) 9 Juni 2021 mendatang.

“Karena pada 9 Juni nanti ada PSU pilgub lagi, mudah-mudahan nanti lebih tinggi lagi partisipasi masyarakat di Kecamatan Banjarmasin Selatan,” harapnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.