Tak Terdaftar di DPT, Sepuluh Warga Malah Mencoblos di TPS 001 Basirih Selatan

0

PEMUNGUTAN Suara Ulang (PSU) Pilwali Banjarmasin pada Rabu (28/04/2021), tidak berjalan mulus. Insiden terjadi di TPS 001 Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

SEBANYAK 10 pemilih di tempat itu mencoblos di TPS yang salah. Mereka yang masuk Daftar Pemilih Tetap di TPS 007 justru mencoblos di TPS 001 Basirih Selatan.

Perlu diketahui, jarak tempuh antara TPS 001 dengan TPS 007 tersebut berkisar sekitar 300 meter.

Ketua KPPS di TPS 001 Basirih Selatan, Syamsir Alam menjelaskan bahwa sepuluh warga tersebut memang menyertakan KTP kepada petugas sebelum masuk ke bilik suara.

Yang menjadi masalah, para petugas tidak memeriksa kembali sepuluh warga tersebut di DPT TPS 001. Karena sepuluh pemilih tersebut mengaku ingin bergegas dengan alasan bekerja.

“Kami mengakui ini kesalahan dari petugas kami,” ungkapnya.

“Karena memang mereka (sepuluh orang) itu merupakan warga kami juga,” tambahnya.

Selain itu, menurut Syamsir, sepuluh orang tersebut sebelumnya pada 9 Desember 2020 terdaftar di TPS 001. Tetapi, karena jumlah DPT di TPS tersebut terlalu banyak, sehingga pemilih pada PSU ini harus dibagi.

Kendati demikian, ia memastikan bahwa sepuluh orang tersebut tak menggunakan hak suara ganda alias tidak mencoblos di TPS 007. “Kami pastikan sepuluh orang itu tidak mencoblos lagi di TPS 007,” tegasnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.