Sambut Gembira, Para Penarik Becak di Kandangan Dapat Santunan Baznas HSS

0

MEMASUKI pertengahan Ramadhan 1442 Hijriyah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pun berbagi kegembiraan.

SANTUNAN yang dihimpun dari zakat harta, infaq dan sedekah dari para muzzaki (pembayar zakat) dibagikan kepada para dhuafa dan orang yang layak menerimanya.

Wakil Ketua Baznas Kabupaten HSS, H Muchjar Dahri mengungkapkan kegiatan pemberian santunan merupakan hal rutin yang digelar tiap bulan Ramadhan.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, para penerima datang langsung ke kantor Baznas HSS, sekarang mereka mengambil santunan di depan Amandit Aquatic Center di Desa Ganda Kecamatan Kandangan. Ini kami lakukan agar tidak ada kerumunan dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ucap H Muchjar Dahri kepada awak media di Kandangan, Rabu (28/4/2021).

BACA : Penjabat Gubernur Berharap Pengelolaan Zakat Harus Profesional

Ia menyebutkan jumlah penerima santunan pada hari pertama, terdiri dari 221 penarik becak. Para pekerja jalanan ini pun tampak gembira menerima santunan yang bisa menjadi bekal menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Rencananya, pada Kamis (29/4/2021), kegiatan serupa dilanjutkan untuk para lansia.

“Ada 696 orang lansia yang mendapat santunan. Termasuk,  para ulama dan mubaligh serta dai sebanyak 300 orang. Kemudian, marbot atau kaum sebanyak 141 orang,” kata Muchjar.

Para fakir miskin penerima paket Ramadhan terdata sebanyak 100 orang, dan penerima fidyah tercatat ada 30 orang. Senada itu, Wakil ketua II Baznas HSS, H Muhammad Kahairani  menambahkan guna menghidari kerumunan, santunan selanjutnya akan didistribusikan ke rumah masing-masing penerima.

“Kami melibatkan sarjana pendamping desa, TKSK, serta dari pihak Majelis Ulama indonesia (MUI) masing-masing kecamatan untuk menyalurkan santunan dari Baznas HSS,” tandas Kahairani.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Faisal Ichal

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.