Husairi Abdi

Ular Piton Pemangsa Ayam Warga Diamankan

0

ULAR jenis Piton berhasil dievakuasi Tim Animal Rescue Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, di Jalan Cemara Raya 2, Kelurahan Sungai Miai, Banjarmasin Utara, Senin (26/04/2021).

REPTIL dengan panjang sekitar 2,5 meter itu dianggap meresahkan warga sekitar. Pasalnya, dalam beberapa hari terakhir sudah ada enam ekor ayam warga yang disantap sang piton. “Sebelum ular ini ditangkap, sudah ada enam ekor ayam bangkok yang dimangsa,” ucap Anggota BPBD Banjarmasin, Hanafi.

Bahkan, saat proses evakuasi, ular itu terlihat sedang nikmat menyantap mangsanya. Seekor ayam sudah ditelan, dan satu lagi masih mencoba dilumpuhkan. Hanafi menjelaskan, pemilik ayam sudah lama mengincar hewan buas tersebut. Sebab, pemilik sudah geram menemui beberapa kali ayamnya nahas.

BACA: Cari Makan, Ular Kobra Masuki Rumah Warga Jalan Gunung Sari

Namun, saat ingin dievakuasi petugas, ular tersebut selalu berhasil meloloskan diri. “Sering lolos, jadi sulit untuk ditangkap. Beruntung hari ini si ular sedang melilit ayam bangkok di dalam kurungan. Jadi lumayan mudah menangkapnya,” ujarnya.

Menurutnya, kemunculan ular piton di pemukiman warga lantaran wilayah habitatnya terganggu. Sehingga memaksa ular itu masuk ke lingkungan masyarakat untuk mencari mangsa.

Setelah diamankan, hewan yang biasa disebut masyarakat dengan nama Ular Sawa itu rencananya akan dilakukan karantina supaya tidak stress ketika dilepas ke alam bebas nantinya.

“Kita akan koordinasikan dengan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Provinsi Kalimantan Selatan untuk melepas ular ini ke habitat aslinya,” tutup Hanafi.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.