Jadi Penyintas, Presdir BLF Donor Plasma Konvalesen Bantu Pasien Covid-19

0

DI bulan nan suci, Ramadhan tahun ini menjadi ladang bagi berbuat amal untuk sesama. Ini yang dilakoni Presiden Direktur (Presdir) Borneo Law Firm (BLF), Muhamad Pazri.

ADVOKAT muda ini pun menjadi pendonor plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan bagi pasien positif Covid-19 di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, Kamis (23/4/2021).

“Ketika mendapat broadcast  di Group WA C.R.T Gabungan, ada pasien Covid-19 yang membutuhkan plasma yang sedang dirawat di salah satu rumah sakit  dengan golongan darah A, saya mendatangi kantor PMI Kota Banjarmasin,” ucap Pazri kepada jejakrekam.com, Minggu (25/4/2021).

Dirinya mendonorkan plasma konvalesen. Dengan peralatan yang canggih, petugas PMI Kota Banjarmasin pun mengambil sampel darah untuk keperluan donor. Selanjutnya, diskrining terlebih dahulu. Hasilnya, Pazri pun dinyatakan memenuhi syarat sebagai pendonor plasma konvalesen.

“Jujur kalau donor darah  sudah biasa, namun kegiatan donor plasma konvalesen ini menjadi  hal yang baru bagi saya sebagai penyintas Covid-19,” ucap mantan Ketua BEM Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin ini.

BACA : Testimoni Penyintas Covid-19, Kapten Noor Ikhlas Berbagi Tips Supaya Cepat Sembuh

Pazri menceritakan pengalamannya ketika sebelumnya tertular virus Corona (Covid-19). Hingga dirinya menjalani isolasi mandiri sejak 6 Februari 2021. Berjuang melawan virus ganas yang sangat tinggi penularannya, akhirnya Pazri dinyatakan sembuh pada 20 Februari 2021 lalu.

“Semoga ikhtiar kecil ini dapat memberi manfaat dan membantu pasien positif yang sedang berjuang melawan Covid-19. Tentunya, dengan izin oleh Allah SWT, semoga memberikan keberkahan pada bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah saat ini,” papar Pazri.

Ia pun mengajak para penyintas Covid-19 yang sudah sembuh bisa meniru langkah baik itu. Tentu ada persyaratan yang dipenuhi yakni berumur 17 hingga 60 tahun, gender laki-laki atau perempuan. Namun, catatannya, telah sembuh dari Covid-19 antara dua minggu atau 12 pekan.

BACA JUGA : Mengenal Terapi Plasma Konvalesen, Efektikah untuk Penyembuhan Pasien Covid-19? Ini Penjelasannya

“Makanya, mari bergandengan tangan agar bisa mendonorkan plasma konvalesennya untuk membantu penyembuhan pasien positif Covid-19,” ucap Pazri.

Menurut dia, tak perlu takut dan ragu pengambilan sampel darah untuk plasma konvalesen ini. Sebab, caranya cukup mudah  dengan durasi kurang lebih 30 menit. “Pengambilan sampel darah 400 mililiter sudah bisa dipakai untuk dua kantong plasma konvalesen berukuran 200 mililiter,” kata Pazri.

“Alhamdulillah, tidak ada rasa sakit atau efek samping yang menyertainya.  Insya Allah menjadi pengalaman baru yang menyenangkan,” imbuh Pazri.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.