Peringati Hari Kartini, Bupati Fikry Jamin Emansipasi Wanita Diprioritaskan di Pemkab HSS

0

PUNCAK peringatan Hari Kartini tahun 2021 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berlangsung secara sederhana di Pendopo Bupati HSS, Kandangan, Kamis (22/4/2021), dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

SELAIN diikuti oleh para Kartini Hulu Sungai Selatan yang terdiri dari pengurus TP PKK, Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW). Peringatan ini turut dihadiri Bupati HSS  H Achmad Fikry, Wabup Syamsuri Asryad, Kapolres HSS AKBP Siswoyo SIK MH, Dandim 1003 Kandangan Letkol Armed Dedy Soehartono, Ketua PN Kandangan Yunto Safarillo Hamonangan Tampubolon.

Rangkaian yang dilaksanakan pada peringatan Hari Kartini Tahun 2021 antara lain, Pasar Murah TP PKK Kab HSS, khitanan/sunatan Massa; TP PKK Kab HSS bekerjasama dengan Dinkes, Ajangsana [emberian Santunan GOW ke Ponpes Tahfizul Quran Putri Desa Taniran dan Panti Asuhan Amanah. Kegiatan juga diwarnai pemberian paket sembako Pengurus GOW kepada Lansia kurang mampu di sekitar tempat tinggalnya masing-masing.

Ada pula,  anjangsana pemberian santunan DWP le Ponpes Darul Ulum Putri Kandangan dan Panti Asuhan Budi Bhakti Kandangan serta mengikuti traning ESQ bersama DWP Pusat dan DWP Provinsi Kalsel. Termasuk, anjangsana dan pemberian santunan Gatriwara Ke LKSA Asal Kabupaten HSS serta menggelar pelatihan keterampilan membuat kue kering pada masyarakat ekonomi menengah, lomba berkebaya serasi bagi undangan peserta Hari Kartini.

Rangkaian lainnya, lomba baca Puisi RA Kartini yang dilaksanakan Forum Anak Daerah melalui instagram, anjangsana dan pemberian sembako ke Ponpes Al Azhar, Pelayanan KB serta Lomba-Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera.

BACA : Semangat Kartini Dilakoni Perempuan Gapensi Kalsel

Selain diumumkan dan diserahkan penghargaan bagi Pemenang Berbusana Kebaya Serasi dan Lomba baca Puisi, dalam Puncak Peringatan ini turut diserahkan bantuan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) kepada lima siswa SD dan 5 siswa SMP di Kabupaten HSS serta penyerahan bantuan CSR Bank Kalsel Cabang Kandangan kepada GNOTA sebesar Rp 150 juta.

Bupati  H Achmad Fikry berharap melalui peringatan hari Kartini yang sederhana ini, dapat memberikan makna yang besar bagi kemajuan kaum perempuan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.  “Ini sesuai dengan tema yang diangkat pada peringatan kali ini yakni dengan Semangat Kartini Mari Kita Mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 menuju keluarga sehat, ekonomi kuat,” ucapnya.

Dalam kegiatan apa pun, Bupati Fikri mengingatkan harus selalu mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak serta menghindari kerumunan.  Karena angka Covid-19 di Kabupaten HSS masih bergerak dinamis, tidak ada pilihan selain tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kedudukan kaum perempuan saat ini sudah setara dengan laki laki, hampir tidak ada bidang pekerjaan atau profesi yang tidak bisa dijangkau oleh kaum perempuan. Hanya saja, tergantung individu perempuan itu sendiri sejauh mana mampu menunjukkan kemampuan dalam profesinya masing-masing,” tuturnya.

BACA JUGA : Menyambut Hari Kartini, DWP Tanbu Ikuti Training Secara Virtual se-Indonesia

Secara kebijakan, di Pemkab HSS tidak membedakan antara laki laki dan perempuan, Bupati Fikry menjamin dirinya memberikan kesempatan yang sama untuk setiap posisi jabatan apa pun di lingkup Pemkab HSS. Khususnya setiap posisi dan jabatan sangat tergantung dari kemampuan dan kompetensi yang dimiliki.

Bahkanm, dirinya mempersilahkan kepada kaum perempuan yang bekerja di lingkungan Pemkab HSS untuk selalu menunjukkan kemampuan dan kreavifitas yang terbaik sehingga bisa bersaing dengan yang lain khususnya laki-laki untuk mendapatkan posisi tertentu.

“Meski setara dalam berbagai hal, saya tetap mengingatkan perempuan dapat menjaga kodratnya. Apa pun pekerjaan dan setinggi apa pun jabatannya, di dalam rumah tangga, perempuan harus mampu menjadi pendamping suaminya menjadi kepala keluarga sekaligus ibu yang mengasuh anak-anaknya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.