Sepekan Jelang PSU Pilwali, Puluhan Ribu Surat Suara Tiba di Banjarmasin

0

SEBANYAK 29.824 lembar surat suara untuk gelaran Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin, akhirnya tiba pada Selasa (20/04/2021) malam.

JUMLAH tersebut sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di tiga kelurahan; Murung Raya, Mantuil dan Basirih Selatan, ditambah 2,5 persen.

Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin tengah bersiap menghadapi pelaksanaan PSU di tiga kelurahan itu pada 28 April nanti.

“Tadi malam, surat suara datang dari bandara dan kita simpan di gudang KPU,” kata Komisioner KPU Banjarmasin, Taufiqurrakhman, Rabu (21/04/2021).

Usai tiba, Taufiq berkata saat ini surat suara sudah dibawa ke Gedung Wanita di Jalan Brigjend Hasan Basri, untuk kemudian dilakukan pelipatan.

Ia melanjutkan, proses pelipatan surat suara ditarget selesai paling lambat pada Minggu (25/04/2021) nanti. Proses pelipatan melibatkan sekitar 10 orang petugas, yang dibagi beberapa shift.

“Untuk pagi ini kita melibatkan 10 orang petugas pelipat suara dulu. Nanti akan kita atur shiftnya lagi. Apakah akan dilakukan malam juga atau bagaimana,” tambahnya.

Lebih jauh, Taufiq menjelaskan terdapat sedikit perbedaan antara surat suara PSU dibanding ketika Pilkada 9 Desember 2020 lalu. Surat suara kali ini terdapat tulisan ‘Pemilihan Ulang’ di bagian tanda tangan KPPS.

“Untuk desain tidak berbeda dengan sebelumnya. Hanya saja pada bagian tanda tangan KPPS ada stempel Pemilihan Ulang. Kalau tidak ada tulisan itu maka tidak sah,” jelasnya.

Dalam waktu dekat, logistik PSU lain dipastikan bakal menyusul. Seperti kotak suara, hologram dan tinta.

Sementara untuk proses distribusi logistik ke TPS, KPU memastikan paling lama satu hari sebelum PSU digelar.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.