Raih Juara Umum di MTQ ke-33, Pemkot Banjarmasin Masih Pikir-pikir soal Bonus Kafilah

0

PEMBERIAN bonus kepada para kafilah yang berhasil mengharumkan nama Kota Seribu Sungai di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-33 tahun 2021 masih menggantung.

SEPERTI diketahui, Banjarmasin berhasil meraih juara umum dalam gelaran MTQ ke-33 di Tanah Bumbu yang dihelat secara virtual pada 7 sampai 10 April 2021.

Dikonfirmasi awak media, Selasa (13/4/2021), Pj Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Mukhyar, mengaku masih belum mengetahui ihwal bonus untuk para kafilah.

“Kita masih belum sejauh itu mengetahui tentang bonus bagi kafilah yang juara di MTQ kemarin. Nanti kita koordinasi lagi dengan bagian Kesra (Kesejahteraan Rakyat),” ucapnya, di Balai Kota.

Mukhyar pun tak bisa memastikan, ada atau tidaknya bonus bagi kafilah yang sudah membawa nama Kota Banjarmasin menjadi juara umum di ajang MTQ untuk ke-4 kalinya.

“Kalau memang dana tersedia dan dianggarkan itu lebih baik, pasti dibagikan. Tapi kalau tidak ada, yaa mau tidak mau mereka harus sabar, paling tidak sampai tahun depan,” ujarnya.

BACA JUGA: Ratusan Peserta Positif Corona, MTQ Kalsel Hanya Dihelat Virtual dari 7-9 April

Terpisah Kepala Bagian Kesra, Setda Kota Banjarmasin, M Isa Ansari hanya meyakinkan bahwa para kafilah tersebut nantinya akan diberi bonus. Kendati demikian, dia tak bisa memastikan besaran bonus yang dikasih Pemkot.

“Insyaallah ada bonus. Karena tiap tahun pasti ada bonus uang pembinaan dari Pemkot bagi kafilah yang meraih juara,” ujarnya.

Berkaca pada sebelumnya, di ajang MTQ tahun 2019, Pemkot menyediakan sekitar Rp 400 juta untuk bonus yang dikhususkan bagi kafilah yang memenangi 38 kategori lomba.

Rinciannya; juara satu mendapat Rp 13 juta, Juara dua Rp 9 juta dan bonus sebesar Rp 5 juta untuk kafilah yang meraih juara tiga.

Kemudian, Juara Harapan satu mendapat bonus sebesar Rp 3 Juta serta Rp 2 juta bagi kafilah yang meraih juara harapan dua.

“Di tahun ini kita melihat anggaran keseluruhan. Karena kita tidak bisa memprediksi berapa yang diperlukan untuk bonus dan segala macam keperluan lainnya. Jadi kemarin lami hanya mencantumkan anggaran untuk keperluan global,” bebernya.

Di samping itu, Isa mengaku sangat bersyukur dengan capaian yang diperoleh kafilah Banjarmasin. Ini, kata dia, merupakan hal yang luar biasa lantaran bisa melebihi hasil MTQ di tahun 2019 kemarin.

“Tahun kemarin 38 kejuaraan. Tahun ini ada 42 kategori lomba yang dimenangkan. Tentu ini sangat kita syukuri,” pungkasnya.

Informasi dihimpun jejakrekam.com, ada 42 kategori kejuaraan yang berhasil dimenangkan Banjarmasin di ajang MTQ ke-33 tahun 2021.

20 kategori (19 perorangan dan satu grup) yang meraih juara satu. Kemudian 10 kategori (9 perorangan dan 1 grup) mendapat juara dua, dan juara tiga yang dimenangkan oleh empat kategori lomba perorangan.

Selain itu, kafilah Banjarmasin juga mendapat juara harapan satu di lima kategori perlombaan (empat perorangan dan satu grup); juara harapan dua yang datang dari dua kategori lomba perorangan. Kemudian juara harapan tiga dari satu kategori lomba perorangan. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.