Pemkab Barut Serahkan Piagam Kepada Organisasi Kemasyarakatan

0

KABUPATEN Barito Utara menyerahkan piagam penghargan kepada Karang Taruna dan organisasi-organisasi kemasyarakatan yang berpartisipasi pada kegiatan aksi sosial, di halaman kantor Bupati, Senin (12/04/2021).

DALAM kegiatan tersebut dihadiri Sekda  Ir H Jainal Abidin, Asisten Sekda, Kadis Sos PMD Evereadi Noor, Kepala BPBD H Gazali, san Pengurus Karang Taruna.

Ormas dan organisasi pemuda yang menerima piagam penghargaan, adalah pelaku aksi sosial dengan melakukan penggalangan dana peduli kemanusiaan Pray For Kalsel dan Sulbar beberapa waktu lalu.

BACA: Relawan Barito Utara Galang Dana Untuk Korban Banjir Kalsel

Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekda H Jainal Abidin mengatakan, Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat, khususnya generasi muda di wilayah desa dan kelurahan.

Menurutnya, Karang Taruna didirikan dengan tujuan antara lain untuk mewujudkan kesejahteraan sosial bagi generasi muda di desa dan kelurahan. Serta memungkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial dilingkungannya.

Dikatakannya, Karang Taruna sebagai tenaga penggerak pembangunan kesejahteraan sosial memiliki peran yang cukup besar dalam pembangunan masyarakat, untuk dapat meningkatkan potensi dan peran aktifnya, diperlukan upaya koordinasi, kalaborasi, komunikasi dan kerja sama antar karang taruna.

“Dengan kata lain, koordinasi konstruktif dengan kabupaten selaku pembina fungsional sehingga apa yang kita kerjakan kedapan dapat seiring dan sejalan, sebab itulah makna hakiki dari keberadaan Karang Taruna,” katanya.

Sekda H Jainal Abidin, Pemkab melalui OPD terkait akan terus memberikan bimbingan dan pengawasan agar program-program pembangunan kesejahteraan sosial dapat terlaksana dengan baik. Sehingga permasalahan kesejahteraan sosial yang timbul, dapat segera ditanggulangi dan diatasi dengan baik untuk mewujudkan Kabupaten Barito Utara yang aman dan nyaman untuk semua.

BACA JUGA: Tim Relawan Barito Utara Bantu Korban Barabai

H Jainal Abidin menyampaikan apresiasi dan bangga kepada organisasi-organisasi masyarakat dan pemuda yang telah berpartisipasi aktif, bergerak, dan peduli dengan nilai-nilai kemanusiaan.Terutama dalam membantu musibah bencana alam di daerah Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat. 

“Saya berharap kegiatan kemanusiaan seperti itu tidak hanya putus sampai disini,” katanya lagi.

Beberapa hari yang lalu kata dia, Pemkab  dengarkan dan menyaksikan berita-berita tingkat nasional dan daerah memberitakan bencana alam banjir melanda sejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur – Nusa Tenggara Barat, dan yang baru-baru ini gempa di Malang Jawa Timur.

“Saya menghimbau kepada kita semua yang hadir disini marilah rapatkan barisan untuk meningkatkan, mendorong semangat, dan komitmen berupaya membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah bencana alam,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.