Pererat Silaturahmi, DPRD Kalsel Apresiasi Komunitas PPBM

0

WAKIL rakyat di DPRD Kalsel mengapresiasi positi  Putra Putri Banjar Malaysia (PPBM) yang terus aktif dan berusaha menjaga dan memperat silaturahmi ‘bubuhan kulaan’ (komunitas keluarga) Banjar di Malaysia.

SEBAB, kegiatan PPBM yang dilakukan warga “Banua” di negeri orang sangatlah baik.

“Kita apresiasi positif PPBM yang berusaha menjaga dan memperat silaturahmi komunitas keluarga Banjar di Malaysia,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Kalsel HM Lutfi Saifuddin, Minggu (11/4/2021).

Menurut Ketua komisi membidangi kesejahteran rakyat, pendidikan, keagamaan dan kepemudaan ini PPBM yang dilakukan warga Banua, selain menjaga silaturahmi, juga dapat melestarikan budaya, seperti budaya Banjar yaitu “badadapatan” untuk mengobati rasa rindu terhadap Banua tercinta.

Karenanya wakil rakyat dari Fraksi Partai Gerindra ini berharap agar kegiatan semacam PPBM itu lebih berkembang dan bisa terus terselenggara, bahkan bila mungkin dapat serentak “bulik baimbai”(pulang bersama) ke kampung halaman leluhur) bagi warga Banua yang merantau di seluruh dunia. 

“Jika memungkinkan dan bila perlu, bukan cuma oleh anak-anak muda urang Banjar di Malaysia, tetapi juga di pelosok Nusantara Indonesia dan luar negeri lainnya’ yang memang memiliki potensi,” kata Lutfi.

Sebelumnya salah seorang anggota WA Group “Banjar Lintas Negara” (BLN) yang bermukim di Malaysia, Minggu pagi  menginformasikan, PPBM melakukan konvoi “mailangi” (menjenguk) “kulaan” (keluarga orang Banjar).

Konvoi mailangi itu dilakukan menjelang bulan puasa Ramadhan guna menjaga dan lebih mempererat silaturahmi sesama keturunan warga Banjar khususnya yang berada di perantauan, terutama Malaysia.

Seperti diketahui, “mailangi” atau saling kunjung mengunjungi, merupakan tradisi dan kearifan lokal – budaya Banjar Kalsel, seperti menjelang Ramdhan serta saat lebaran.(jejakrekam)

Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.