Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Kalsel Dibekali Buku Saku

0

KAPOLDA Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Rikhwanto meluncurkan Buku Saku Bhabinkamtibmas, di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri, Selasa (6/4/2021).

LAUNCHING buku saku tersebut ditandai dengan penyerahan simbolis oleh Kapolda Kalsel kepada perwakilan Bhabinkamtibmas yang disaksikan Wakapolda Kalsel, Irwasda, Direktur Binmas beserta Pejabat Utama Polda Kalsel, Kasat Binmas dan Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Kalsel.

Direktur Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Widiatmoko dalam sambutannya, menyampaikan bahwa tujuan dibuatnya Buku Saku Bhabinkamtibmas ini sebagai wujud dukungan Direktorat Binmas Polda Kalsel dalam melaksanakan Program Prioritas Kapolri. Yakni Pemantapan Kinerja Harkamtibmas dengan menjadikan Bhabinkamtibmas sebagai sahabat masyarakat dan pusat informasi tentang bahaya radikalisme dan terorisme.

BACA: Dengar Keluhan Desa Binaanya, Ini yang Dilakukan Bhabinkamtibmas Polda Kalsel

Bagi masyarakat, Buku Saku Bhabinkamtibmas ini merupakan pedoman untuk Polsek yang dulunya melakukan penyidikan dan saat ini menjadi Polsek Harkamtibmas.

Dijelaskan oleh Dir Binmas, Buku Saku Bhabinkamtibmas ini berisikan pengetahuan kemampuan Bhabinkamtibmas sebagai Pembina Kamtibmas di Desa.

Dengan berbekal Buku Saku ini, Bhabinkamtibmas mampu untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan wawasan sehingga tidak tertinggal informasi. Lagi pula berbagai dinamika yang terjadi pada masyarakat terus berkembang, sehingga ke depan masyarakat semakin kritis.

Sementara itu Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto, dalam arahannya menyampaikan tentang program 100 hari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Bhabinkamtibmas diarahkan menjadi polisi yang benar-benar mendarmabaktikan dirinya kepada masyarakat.

Menurutnya, dengan adanya buku saku, Bhabinkamtibmas dapat belajar dalam penanganan kasus yang mengedepankan restorative justice. Sebab restorative justice merupakan langkah mengikuti dinamika perkembangan dunia hukum, yang mulai bergeser dari positivisme ke progresif untuk memenuhi rasa keadilan.

BACA JUGA: Blusukan, Anggota Polsek Banjarmasin Selatan Bersepada Sambangi Warga

Kasus yang dapat diselesaikan dengan restorative justice tidak perlu lagi masuk proses persidangan. Oleh karena itu, Kapolda Kalsel berharap Buku Saku Bhabinkamtibmas dapat memberikan bekal kepada seluruh personel Polri dalam pengabdian kepada masyarakat.

“Bhabinkamtibmas menjadi etalase kepolisian, setelah Bapak Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mencanangkan Polsek-Polsek yang ditugaskan khusus melayani masyarakat,” ucap Kapolda Kalsel.

Usai launching, kegiatan dilanjutkan dengan Rakernis Fungsi Binmas Jajaran Polda Kalsel yang dibuka langsung oleh Direktur Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Widiatmoko, dengan menghadirkan Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Nanang Masbudi, sebagai pemberi materi.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.