Selalu Hadir di Tengah Masyarakat, Sosok Paman Birin Sangat Dirindukan

0

SEDERHANA dan merakyat. Itulah sosok seorang Sahbirin Noor. Kendati menyandang jabatan sebagai orang nomor satu di Pemprov Kalsel, Paman Birin, sapaan akrab Sahbirin Noor tak pernah sungkan membaur dengan warga dan turun ke sawah menanam padi bersama petani.

HAL ini merupakan kesan yang disampaikan Marliah, petani di Desa Sungai Batang, Kabupaten Banjar. Menurut dia, kesederhanaan Paman Birin yang ramah dan peduli ini terlihat dalam beberapa kesempatan.

“Pernah Paman Birin pernah makan siang di pondok kami dengan ikan sapat kering. Makanan disantap dengan lahap. Kami tentu sangat senang dengan sikap dari seorang pemimpin seperti Paman Birin,” ucapnya bercerita.

BACA : Gunakan Sarung, Peci Dan Baju Kaos, Kedatangan Paman Birin Kagetkan Warga Korban Kebakaran

Makanya, lanjut Marliah, tak salah jika ia melihat sosok Paman Birin merupakan pemimpin yang memiliki semangat tinggi, gemar bekerja, memberikan teladan serta selalu berikhtiar. “Kami sangat termotivasi dengan keteladanan yang dicontohkan, bekerja keras dan bekerja gembira,” ucapnya.

Begitulah sosok Paman Birin. Mudah diajak bersama masyarakat bergotong royong dan menikmati kesederhanaan. Gaya sederhana, baju kaos, sarung dililitkan di badan, kopiah hitam. Walau Paman Birin begitu sederhana, ada saja orang yang iri dengan kesederhanaannya.

Banyak yang merindukan Paman Birin, dia tidak banyak bicara tapi selalu ada waktu hadir ditengah-tengah warganya.

BACA JUGA :  Basah Kuyup Kehujanan Di Safari Politik, Paman Birin: Tak Apa, Demi Bisa Bertemu Rakyat

Ini mengingatkan pemimpin sahabat Nabi, Umar bin Khattab, Khalifah kedua setelah Abu Bakar, selalu berpakaian sederhana baik sebelum dan saat menjadi khalifah. Kesederhanaanya disaksikan Raja Hurmuzan Raja Persia. Walau jabatannya tinggi tapi dia dengan kesederhaannya bisa tidur pulas di beranda masjid berbantalkan mantel yang dipakainya sehari-hari.

Kesederhaaan Umar bin Khattab juga terlihat saat berkunjung bersama ajudannya ke Yerussalem, hingga Uskup Severinus  tidak dapat membedakan antara khalifah Umar dan ajudannya karena kesederhaan pakaian yang dipakainya.

Kesederhanaan Umar bin Khattab ada kemiripian dengan Paman Birin soal kesederhaan, Paman Birin bisa tidur di kursi, bisa juga berbaring di perahu kecil, dan baju kaos yang melepaskan pangkat dan jabatannya, serta aksi langsung turun kerja lapangan yang biasa dilakukan pegawai bawahan. Kesederhanaan perilaku terpuji Paman Birin itu mungkin diwarisi dari kakek-kakenya, salah satunya adalah Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari, salah satu wali banua yang ada di Kalimantan Selatan.(jejakrekam)

Penulis Rilis
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.