Safrizal Sebut Akibat Pandemi Pertumbuhan Ekonomi Mengalami Kontraksi

0

PENJABAT Gubernur Kalsel, Dr Safrizal ZA, MSi membuka secara resmi rapat koordinasi investasi dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

RAPAT koordinasi dalam rangka perencanaan strategis dan penyusunan rencana kerja tahun 2022, berlangsung di Hotel Novotel, Banjarbaru, Rabu (07/04/ 2021).

Dikatakan Safrizal, pemulihan ekonomi di masa pandemi adalah kemampuan kita mengendalikan pandemi Covid-19.

BACA: Dilanda Pandemi, Safrizal Sebut UMKM Penopang Daya Tahan Ekonomi

Terbukti akibat pandemi pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi. “Membangun ekonomi, menuju skala ekonomi yang kompetitif pendekatannya adalah kolaboratif, kerjasama, fokus terhadap apa yang akan kita bangun maupun kita promosikan,” ujarnya.

Safrizal berharap masing-masing kabupaten kota di Kalsel lebih mengedepankan pendekatan ekonomi kolaboratif. Diharapkan dapat fokus dalam melakukan branding terhadap produk unggulan daerahnya. 

“Menurut saya tak perlu masing-masing daerah menonjolkan produk masing-masing namun akhirnya economic skillnya tak dapat,” tegasnya.

Kedepankan ekonomi kolaboratif dimana ada satu atau beberapa produk ekonomi yang dapat ditonjolkan dan punya daya ungkit bagi ekonomi daerah.

Dicontohkan Safrizal, misalnya Kalsel ingin dikenal sebagai penghasil tepung tapioka terbesar di Indonesia, maka seluruh kabupaten kota di Kalimantan Selatan harus bisa berkolaborasi. Misalnya dengan menyediakan lahan untuk menanam bahan baku tepung tapioka yaitu singkong yang berkualitas. 

BACA JUGA: Sinergi ‘Merah-Putih’ Bersama BUMN, Upaya Bank Kalsel Mendukung Pemulihan Ekonomi

Sementara Kepala DPMPTSP Kalsel Nafarin MP mengatakan Rakor ini digelar dalam rangka koordinasi antar pemerintah provinsi dan kabupaten/kota supaya ada kesinambungan program kegiatan dan terpadu. 

Dalam forum ini juga akan menyikapi terkait UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Ciptaker yang memiliki turunan produk hukum sekitar 20 PP terkait layanan perizinan dan investasi, termasuk ada perubahan kewenangan dan standar layanan.

“Sesuai arahan Pj Gubernur, DPMPTSP juga mendukung promosi investasi secara kolaboratif dan fokus pada satu atau beberapa branding saja,” sebutnya. 

Ditambahkan Nafarin, dalam pelayanan perizinan, DPMPTSP  Provinsi Kalsel memiliki slogan Mantap, yaitu Amanah Nyaman Akuntabel dan Profesional.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.