Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat, BKD Kalsel Siap Buka Formasi CPNS Tahun 2021

0

BADAN Kepegawaian Daerah (BKD ) Provinsi Kalimantan Selatan hingga kini masih menunggu keputusan pemerintah pusat terkait rencana rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2021.

“SAAT ini, kami menunggu penetapan formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Jadi, belum tahu, formasi CPNS yang menjadi usulan dari Pemprov Kalsel yang disetujui,” ucap Kepala BKD Provinsi Kalsel, Sulkan kepada jejakrekam.com, Jumat (2/4/2021).

Menurut dia, sejauh ini, belum ada ada arahan dari pemerintah pusat, baik dari Kementerian PAN-RB maupun Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk usulan formasi CPNS tahun 2021 yang diusulkan Pemprov Kalsel.

“Kami hanya mengusulkan, namun semua keputusan tetap di tangan pemerintah pusat. Jadi, kalau ada keputusan dari pemerintah pusat, kami siap menjalankannya,” ucap Sulkan.

Ia mengakui dari informasi yang diterima BKD Kalsel, memang ada penerimaan untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K), setelah itu baru ada formasi untuk CPNS. “Tapi itu kapan, kami belum dapat kepastiannya,” ucap pria yang pernah menjabat Ketua Panwaslu Banjarmasin ini.

BACA : Penerimaan CPNS dan PPPK Dibuka Maret 2021, Kuota Kalsel Belum Ditentukan

Sulkan menegaskan jika memang benar ada informasi untuk penerimaan CPNS tahun 2021, pihaknya akan segera menginformasikannya kepada publik.

“Kalau diperintahkan pemerintah pusat untuk penerimaan CPNS, tentu kita siap membuka penerimaan CPNS. Kami akan siap menyiapkan infrastrukturnya  melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). Selain itu, untuk perlengkapan tes seperti komputer dan jaringan yang ada di BKD Kalsel,” tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat lewat pengumuman menyampaikan akan merekrut CPNS atau aparatur sipil negara (ASN) seluruh Indonesia. Jumlahnya sekitar 1,3 juta. Rinciannya, kebutuhan 1 juta guru berstatus PPPK melalui skema yang menjadi program Kemendikbud, khusus untuk pemerintah daerah (pemda).

Sedangkan formasi di luar guru ada 189.000 formasi. Itu terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru, dan 119.000 formasi CPNS 2021 untuk jabatan teknis termasuk tenaga kesehatan.

BACA JUGA : Terbentur Regulasi, Pengangkatan Guru Honor ‘Senior’ Jadi CPNS Dinilai Sulit Terealisasi

Sementara  untuk Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala BKD Kalsel pun menyebutkan ada 2.124 formasi untuk PPPK yang menjadi usulannya. Rinciannya, 1.894 formasi guru, 191 tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya, diusulkan sebanyak 39 orang.

Sulkan juga menjelaskan untuk formasi CPNS di lingkungan Provinsi Kalsel, ada sebanyak 488 formasi. Terutama, kebutuhan tenaga kesehatan sebanyak 239 formasi dan tenaga teknis ada 249 orang.

Sedangkan, Kementerian PAN-RB sebelumnya menyatakan, penetapan akhir formasi CPNS tahun 2021 akan diumumkan ke publik pada akhir Maret 2021 lalu.(jejakrekam)

Pencarian populer:formasi cpns pemprov kalsel 2021
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.