Panen Padi Varietas Inpari 19, Dinas Pertanian Barito Utara Sebut Produktivitas Lebih Tinggi

0

DINAS Pertanian Kabupaten Barito Utara melakukan panen padi varietas Inpari 19 bersama Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini Camat Gunung Timang.

MEREKA bersama masyarakat Desa Batu Raya II Km 59 di lahan sawah tadah hujan milik kelompok tani Margotomo dengan hasil Ubinan 6,4 Ton gabah kering panen per hektare.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin A Surapati mengatakan pencapaian hasil produksi dan produktifitas panen padi Varietas Inpari 19 ini sungguh menggembirakan para petani.

“Karena dengan keterbatasan fasilitas alsintan dan saprodi pertanian yang dimiliki ternyata mereka tetap bersemangat untuk melakukan kegiatan usaha tani dengan baik dan optimis,” kata Syahmiludin, Minggu (4/4/2021) melalui pesan WhatsApp (WA).

BACA : Untuk Batola Dikucur Rp 43 Miliar, Mentan Ikut Panen Padi di Anjir Pasar

Dikatakannya, hasil panen padi Inpari 19 milik kelompok tani Margotomo tersebut dengan ubinan 6,4 gabah kering panen per hektare di lahan seluas 65 hektare.

Syahmil juga mengungkapkan para petani dan kelompok tani di Desa Batu Raya 2 ini secara sederhana hanya minta bimbingan, pembinaan dan bantuan alsintan serta saprodi untuk menunjang kegiatan usaha tani yang lakukan petani setempat.

“Dari hasil panen ini akan dijadikan bahan evaluasi untuk mencari metode dan teknik yang tepat dari segi penyiapan lahan, penggunaan benih, penanaman, pemupukan, pemeliharaan dan pemanenan,” kata Syahmil.

Ia mengatakan Barito Utara ini ke depan dapat menjadi rekomendasi yang bisa digunakan oleh petani atau kelompok tani dalam kegiatan usaha tani sehingga bisa memberikan hasil produktivitas gabah kering panen yang lebih tinggi lagi dibanding saat ini.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Faisal

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.