Teladan Sahabat dan Surga untuk Mereka

0

KETELADANAN para sahabat-sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam patut ditiru. Tidak mudah melakukannya, namun paling tidak kita mengetahui, bahwa Surga untuk Mereka.  Para sahabat yang dijamin surga mampu menjadi insiprasi Umat Islam khususnya.

NABI Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang juga seorang Rasul memberi kabar tentang dijaminnya mereka surga yakni

“Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, Az-Zubair di surga, ‘Abdur-Rahman bin ‘Auf di surga, Sa’ad bin Abī Waqqās di surga, Sa’id bin Zaid di surga, Abu Ubaidah bin al-Jarrah di surga.”  (HR. Ahmad, Tirmidzi dan An-Nasai).

Mereka (Para Sahabat Nabi SAW Itu) adalah :

Abu Bakar Ash Shidiq

Seorang khalifah pertama dan pertama pula masuk Islam. Ia sangat setia dan pendamping menemani hijrahnya Nabi Muhammad SAW. Dan banyak lagi kisah tentang khalifah yang kaya raya ini.

Umar bin Khattab

Seorang khalifah keduan dan sangat setia dalam mendampingi Rasulullah dalam menyiarkan Islam. Pengawal dan Penjaga barisan paling depan Nabi Muhammad SAW. Berjuluk Singa Padang Pasir.

Utsman bin Affan

Khalifah ketiga saudagar kaya raya, sukses  dan sangat dermawan. Untuk kepentingan dakwah Islam, Usman bin Affan selalu menyumbangkan hartanya sebanyak-banyaknya.

Ali bin Abi Thalib

Khalifah ke-empat sekaligus sepupu dan menantu Nabi Muhammad SAW. Ali menikahi Fatimah Az Zahra. Ali juga adalah orang yang pertama masuk Islam dari golongan anak-anak.

Ali menjadi sahabat Nabi untuk hijrah dari Mekkah ke Madinah., Ali sangat setia mendampingi dakwah Rasulullah. Ketika itu Ali membantu Rasul untuk melarikan diri dari kejaran kaum kafir Quraisy. Ali berpura-pura tidur di atas ranjang Nabi Muhammad untuk mengelabui kafir Quraisy.

BACA: Ternyata Para Sahabat Nabi SAW Sebarkan Islam ke Nusantara

Thalhan bin Ubaidillah

Thalhan bin Ubaidillah melindungi Nabi SAW dalam peperangan dan Ia menerima 70 luka dari sabetan pedang, tusukan tombak, dan anak panah, lalu pergelangan tangan terpotong, hingga akhirnya terjatuh dan mati syahid.

Zubair bin Awwam

Zubair merupakan putra dari bibi Rasulullah atau sepupu dari Nabi Muhammad SAW. Zubair termasuk dalam golongan as-Sabiqun al-Awwalun yang dijamin masuk surga. Ia dikenal sebagai orang pertama yang menghunus pedang di jalan Allah.

Abdurrahman bin Auf

Abdurrahman bin Auf  sahabat Nabi SAW memiliki keahlian dalam berbisnis. Ia berjuang di jalan Allah dengan harta dan jiwa, dan merupakan saudagar kaya raya.

Sa’ad bin Abi Waqqash

Sa’ad bin Abi Waqqash masuk Islam pada umur 17 tahun. Ia mengikuti pertempuran-pertempuran dengan kaum Quraisy. Ia menjadi pemimpin perang pada saat melawan Persia. Salah satu perang besar dan bersejarah bagi Umat Islam.

Sa’id bin Zaid bin Amru bin Naufal Al-Adawi

Sa’id selalu mengikuti peperangan kecuali Perang Badar, karena pada saat itu Ia sedang menjalankan tugas lain dari Rasulullah. Sa’id bin Zaid merupakan sepupu dekat dari Umar bin Khattab.

Abu Ubaidillah bin Jarrah

Abu Ubaidillah merupakan seorang Muhajirin dari kaum Quraisy Mekkah. Ia ikut berhijrah ke Madinah dan terlibat dalam peperangan membela Islam. (jejakrekam)

Penulis Afdi
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.