Curah Hujan Tinggi, Debit Air Sungai Amandit Mulai Naik

0

BANJIR telah melanda daerah tetangga seperti Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), dengan curah hujan yang cukup tinggi. Namun, untuk wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dianggap masih aman.

MESKI saat ini guyuran hujan dengan intesitas cukup tinggi, beberapa hari ini, beberapa sungai yang mengelilingi kota Kandangan dan sekitarnya, tak meluap.

“Saat ini, kondisi air di wilayah HSS, masih aman dan belum mengkhawatirkan untuk terjadinya banjir,” ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HSS, Syamsudin kepada awak media di Kandangan, Jumat (2/4/2021).

BACA : Nelangsa Sungai Amandit yang Keruh dalam Bait Puisi Budayawan Agus Suseno

Ia mengakui debit air di Sungai Amandit cukup tinggi, akibat intensitas hujan yang cukup banyak. Namun, Syamsudin mengingatkan agar masyarakat tetap waspada, mengingat curah hujan cukup tinggi di wilayah Kandangan dan sekitarnya.

“Tingginya intensitas hujan memang turut meninggikan debit air di Sungai Amandit. Walau belum kategori mengkhawatirkan, kewaspadaan harus tetap dijaga. Apalagi, kondisi cuaca hingga beberapa hari ke depan masih berpotensi hujan deras,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.