Ma’ruf Amin Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Massal di Barito Utara

0

WAKIL Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin setelah meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik yang terletak di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan, langsung melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi massal yang dilaksanakan di arena terbuka Tiara Batara.

“PADA hari ini saya meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten Barito Utara. Vaksinasi ini untuk mengejar head imunitas seluruh masyarakat yang kita harapkan mencapai 70 persen dari jumlah penduduk 181,05 juta jiwa,” kata Ma’ruf Amin yang didampingi juga oleh Gubernur Kalteng, Wamenkes, Menhub, Kepala BPBD Pusat, Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara, di Tiara Batara, Selasa (30/3/2021).

Oleh karena itu kata wapres, pelaksanaan vaksinasi ini adalah salah satu kunci dalam mengatasi Covid-19.

BACA: Selasa Wapres Resmikan Bandara, Wings Air Buka Rute Penerbangan

Seperti diketahui bahwa pemerintah bersungguh sungguh untuk melakukan penanggulangan Covid-19 ini baik dari penerapan protokol kesehatan 3M, dengan 3T juga serta PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berskala mikro).

“Alhamdulillah, sekarang sudah mengalami penurunan-penurunan yang tadinya diatas 10.000 kini turun dari 5000-4000 serta sekarang rumah sakit 87 persen sekarang mengalami penurunan dibawah 50 persen,” ujar Ma’ruf

Ia menyampaikan bahwa pihaknya dari pemerintah terus berupaya melaksanakan vaksinasi secara intensif ke seluruh wilayah Indonesia. Dimana harapkan disetiap daerah bisa mencapai 70 persen.

Ia berharap vaksinasi ini agar terus dipercepat. Walaupun sudah ada penurunan supaya tidak merasa terlalu eporia yang dapat mengakibatkan kita menjadi kurang hati-hati atau sembrono, sehingga tidak menerapkan protokol kesehatan serta tidak mematuhi PPKM. Seperti pembatasan kegiatan masyarakat.

BACA JUGA: Bupati Sambut Kedatangan Pangdam XII Tanjungpura, Perisapan Kunjungan Wapres

Sebab bila salah mengelolanya, bisa saja kasus Covid-19 ini kembali naik lagi seperti dibeberapa negara lain seperti Eropa dan Amerika.

“Kita tidak ingin hal ini terjadi, karena itu pemerintah tetap menerapkan protokol kesehatan seperti 3M, 3T dan pembatasan-pembatasan kegiatan masyarakat ditingkat mikro dan juga pelaksanaan vaksinasi sebagai upaya pemerintah yang terus menerus kita lakukan dan semua yang divaksinasi aman,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Suyuti Samsul menyampaikan, bahwa vaksinasi massal ini dilaksanakan hanya satu hari ini yang diikuti sebanyak 400 peserta dengan sasaran petugas pelayan publik seperti PNS, TNI, Polri, pedagang, tokoh masyarakat dalam hal ini dari FKUB.

Menurutnya, kenapa hanya 400 orang, karena ini menyesuaikan vaksinasi yang tersedia. Tetapi pemerintah provinsi dan kabupaten menjamin sampai akhir bulan enam termasuk pedagang dan aktivis organisasi wartawan dan pelayan publik semua akan divaksin dengan menyesuaikan kedatangan vaksin.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.