Perbaikan Jalan Kawasan Pertanian Baruh Ulin di Paringin Menjadi Prioritas

0

DINAS Pertanian Kabupaten Balangan berjanji perbaikan jalan akses kawasan pertanian di Baruh Ulin yang berada di Haur Batu Kelurahan RT 12 Kelurahan Paringin Kota menjadi prioritas ke depannya.

JANJI perbaikan yang akan menjadi prioritas ini, disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Balangan Rahmadi saat meninjau langsung kondisi jalan tani yang dalam kondisi rusak tersebut, Senin (29/3/2021).

Jalan sekitar dua yang menjadi akses utama masyarakat ke lahan pertanian dan perkebunan ini sudah beberapa waktu mengalami kerusakan yang dianggap cukup parah. Banyak lubang yang terdapat di jalan tersebut, belum lagi pasca hujan, jalan berlubang membuat air menggenang.

“Kita mengakui memang kerusakan jalan cukup parah. Walau sudah dibangun pada beberapa tahun sebelumnya, namun tidak ada pemeliharaan sehingga rusak kembali,” ujar Rahmadi.

Pihaknya menurut Rahmadi, akan membawa hasil pantauan lapangan ini ke Bappeda dan Bupati Balangan untuk nantinya bisa ditindaklanjuti.

Tentu menurut dia, perbaikan akses utama kawasan pertanian ini akan menjadi prioritas.

“Tentu kami akan berusaha melakukan perbaikan secepatnya. Salah satu upaya kami akan mengusulkan perbaikan jalan ke pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” ucapnya.

Apalagi lanjut dia, Dinas Pertanian Kabupaten Balangan tahun 2021 ini direncanakan akan mendapatkan jatah perbaikan JUT dari pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sepanjang lima kilometer. Sehingga JUT Haur Batu bisa diutamakan.

“Melalui dana DAK sepanjang dua kilometer akan bisa dilakukan perbaikan secara keseluruhan,” ucap Rahmadi.

Dalam waktu dekat ini pula, pihaknya bersama Bupati Balangan, Abdul Hadi berencana mendatangi Kementrian Pertanian. Lantas, kondisi Jalan Baruh Ulin di Haur Batu, Kelurahan Paringin ini pun ucapnya akan diusulkan. “Tentu perbaikan jalan ini menjadi prioritas, terlebih kawasan Baruh Ulin ini menyimpan potensi pertanian yang cukup besar dimana ada sekitar 15000 hektar sawah baru bisa dicetak dan 100 hektar kebun karet ada di kawasan ini,” pungkasnya.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.