Pelengkap Bumbu Dapur Pun Jadi ‘Serbuan’ Ibu-Ibu

0

PEDAGANG pelengkap bumbu dapur pun menjadi serbuan ‘kaum hawa’ khususnya ibu-ibu dalam menyambut datangnya Nisfu Syaban dan Bulan Suci Ramadhan 1442/2021 ini.

PANTAUAN jejakrekam.com di kawasan Pasar Harum Manis (Pasar Lima), dan Pasar Sentra Antasari Banjarmasin terlihat aktivitas padat buruh pangkul yang sibuk mengakut barang bumbu dapur seperti Bawang Merah dan Bawang Putih milik para pedagang.

Tampak para ibu-ibu pun banyak pula mencari pelengkap bumbu dapur seperti Bawang Merah dan Bawang Putih.

Terlihat H Burhan (55) yang berada di Pusat Perdagangan Sembako Blok Pedagang Bumbu Dapur Pasar Harum Manis melayani pembeli untuk persiapan Nisfu Syaban dan Ramadhan. “Memang pembeli ibu-ibu banyak mencari Bawang Merah dan Bawang Putih, untuk melengkapi bumbu dapur dalam persiapan menyambut Nisfu Syaban dan Ramadhan tahun ini,” ujar pria yang berjualan puluhan tahun lebih ini, Sabtu (27/3/2021).

Ia mengakui, harga bawang relative tidak ada kenaikan, namun stok cukup tersedia, sehingga pelanggan atau pembeli tak merasa kekurangan. “Tahun ini stok Bawang Merah dan Bawang Putih cukup, dan salah satu pelengkap bumbu dapur,” jelasnya.

Dari aspek harga pun tak ada kenaikan, tuturnya, seperti Bawang Merah kisaran Rp25-27 ribu perkilogram, dan Bawang Putih sekitar Rp22-25 ribu perkilogramnya.

Meski demikian, H Aliansyah salah satu pedagang di Sentra Antasari Banjarmasin menambahkan, walau harga stabil, namun pembeli tidak seramai sebelum pandemic Covid-19. “Bagi pedagang terpenting stok barang ada, dan para pembeli mudah mencari barang yang dibutuhkan sehingga tidak ada barang langka,” tandasnya.

Jika dilihat harga jual, sebut Aliansyah, terjadi perbedaan antara Pasar Harum Manis (Pasar Lima) dengan Pasar Sentra Antasari, sebab di Pasar Harum Manis lebih murah. “Kami dari Pasar Sentra Antasari pun mengambil barang di Pasar Harum Manis, sehingga kami menjual ke pembeli mengalami kenaikan sekitar 1.000 rupiah perkilogram seperti Bawang Merah dan Bawang Putih,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.