Kerap Meluber ke Jalan, TPS Veteran-Pramuka Ditutup Permanen

0

SEBANYAK tiga Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Banjarmasin resmi ditutup permanen oleh Pemerintah Kota setempat, mulai Sabtu (27/3/2021) hari ini.

PANTAUAN jejakrekam.com di lapangan, TPS tersebut berada di kawasan Jalan Veteran serta dua di Jalan Pramuka, tepatnya di depan Komplek Rahayu dan Komplek DPRD.

Alasan ditutupnya sejumlah TPS tersebut lantaran sampah di tempat itu kerap meluber sampai ke ruas jalan. Sebab lokasinya tepat berada di samping jalan raya.

BACA : Tumpukan Sampah Meningkat, DLH Siapkan Puluhan Armada Truk

“Nah itu yang mengganggu arus lalu lintas,” kata Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Marzuki.

Selain itu, lanjut Marzuki, penutupan TPS di kawasan Veteran juga sebagai upaya mendukung normalisasi sungai ala Pemkot Banjarmasin. Mengingat, selain berada di tepi jalan, TPS tersebut juga berdekatan dengan arus sungai Veteran.

“Kita mendukung upaya normalisasi sungai. Jadi keberadaan TPS Veteran sudah selayaknya harus ditutup,” ujarnya.

Atas ditutupnya sejumlah TPS tersebut, DLH Kota Banjarmasin meminta warga untuk tidak lagi membuang sampah di tempat itu.

Menurut Marzuki, pihaknya sudah menyiapkan beberapa TPS alternatif agar warga tetap bisa membuang sampah. Lokasinya, yakni di Pasar Buah Pengambangan.

“Silahkan membuang sampah di tempat lain, di TPS terdekat yang lokasinya tidak jauh dari sini,” imbaunya.

Ia juga memastikan bahwa sejumlah petugas seperti Satpol PP Kota Banjarmasin akan tetap berjaga di sejumlah TPS yang ditutup tersebut dalam beberapa hari ke depan. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan warga agar tidak lagi membuang sampah di TPS tersebut.(jejakrekam)

Penulis Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.