Selasa Wapres Resmikan Bandara, Wings Air Buka Rute Penerbangan

0

RENCANA kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’aruf Amin, ke Kabupaten Barito Utara dalam beberapa hari ini sudah santer dikabarkan, terutama di kalangan pejabat daerah.

BAHKAN pemerintah daerah sudah menggelar rapat persiapan untuk acara penyambutan Wakil Presiden yang rencananya dalam minggu ini.

Bupati Barut H Nadalsyah Jumat (26/3/2021) mengatakan, recana kedatangan orang nomor dua ke kota Muara Teweh, pada Selasa ini dan segala sesuatunya sudah dipersiapkan oleh pemerintah daerah.

Menurutnya, semula bandara Haji Muhammad Sidik, di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, diresmikan pada 18 Maret 2021 oleh presiden Jokowi bersama lima bandara lainnya secara virtual. Namun, rupanya tidak jadi dilakukan karena presiden sendiri mau secara langsung ke Muara Teweh untuk meresmikannya.

BACA: Jalan Berlubang, Dinas PUPR Barito Utara Perbaiki Jalan Kandui-Majangkan

Sementara itu kepala Bandara H Muhammad Sidik, Endang Setiawan mengatakan bandara ini akan didarati pesawat Wing Air type ATR 72.

Menurutnya, Wing Air type ATR 72 ini akan memulai layanan penerbangan Muara Teweh- Banjarmasin (PP). Skedule Flight direncanakan pada tanggal 3 Mei 2021, dengan frekuensi seminggu tiga kali penerbangan.

Dikatakannya, penerbangan ini angkutan bersubsidi yang akan menjalin kontrak bersama antara Wing Air dengan Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam hal ini dengan Perusda. Untuk fasilitas di Bandara Haji Muhammad Sidik, baik landasan dan taxi apron itu memang untuk ATR 72 dengan kapasita penumpang 70 orang.

“Sedangkan untuk rute penerbangan Banjarmasin-Muara Teweh, Muara Teweh-Banjarmasin (PP), dengan frekuensi penerbangan rencana seminggu 3 (tiga) kali, pada hari Senin, Rabu dan Jumat,” kata Endang.

BACA JUGA: Dua Desa Dibidik Jadi Kawasan Agrowisata di Barito Utara

Adapun mengenai harga tiket kata dia, sampai saat ini masih menunggu kewenangan kontrak penerbangan subsidi di pihak Wing Air dengan pihak Pemda dalam hal ini diwakili Perusda Batara Membangun.

Namun perkiraan kisaran harga tiket Rp 800 ribu sampai Rp 900 ribu. Kalau kewenagan kami hanya penyiapan sarana dan prasarana saja. Intinya Bandara Haji Muhammad Sidik siap digunakan dan melayani.

Lebih lanjut Endang Setiawan menjelaskan kemungkinan untuk Muara Teweh- Banjarmsin akan lebih mahal, karena disana ada airpotek di Banjarmasin. Kalau di Muara Teweh ada UPBU.

“Insya Allah tanggal 3 Mei 2021 sudah mulai rute penerbangan, dan mohon rekan media untuk bantu promosi biar masyarakat banyak tahu. Kami pun juga akan memasang pengumuman di sejumlah bandara lain,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.