Jika Pembangunan Ingin Maju, Pimpinan SOPD Harus Punya Kapasitas Leadership

0

JIKA daerah ingin cepat maju dan berkembang, maka pimpinan SOPD atau kepala dinas dilingkup Pemerintah Provinsi harus diisi oleh sosok pejabat yang memiliki kapasitas leadership yang kuat dan matang.

PASALNYA, memimpin banyaknya sumber daya manusia (SDM) dilingkup dinasnya memerlukan kepiawaian didalam mengambil keputusan dan kebijakan.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi I DPRD Kalsel, Fahrani S Pd I M Si, di Banjarmasin Rabu (24/3/2021).

Anggota Komisi membidangi Hukum dan Pemerintahan ini menjawab,  sehubungan fenomen potensi dan tantangan kinerja masa depan yang makin kompetitif, sehingga semua pimpinan di SOPD banar-benar diisi oleh SDM berkualitas.

“Kalo untuk usia tua atau muda itu tidak jadi masalah karena siapun bisa. Artinya meski berusia muda tapi memiliki kapasitas leadership yang bagus, kita yakin bisa menyatukan bersama program dan misi-misi kepala daerah nantinya,” kata Fahrani.

Politisi PDI-P dari daerah pemilihan II Kabupaten Banjar ini pun menambahkan figur atau seorang kepala dinas harus bisa merangkul semua pihak, sehingga kerja organisasi di SOPD itu dapat efektif dan efisien dan tidak bekerja sendiri-sendiri.

Terlebih di era kekinian yangmana kemajuan teknologi sangat pesat perkembangannya, tentu mengharuskan seorang leadership agar selalu mampu beradaptasi guna memecahkan segenap masalah dan mencari solusi untuk menggenjot pembangunan di Kalsel.

“Kita tidak bisa lagi berharap bekerja sebatas manual, tapi harus didukung IT. Untuk mendukungnya perlu peningkatan kapasitas SDM di SOPD di Kalsel,” jelasnya.

Diera kemajuan dan ditengah kondisi Covid-19 yang masih berlangsung ini pula, Fahrani berharap agar semua Kepala SOPD tetap produktif ditengah tantangan yang semakin besar.(jejakrekam)

Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.