Siap-siap, Tilang Elektronik Resmi Berlaku di Kalsel Akhir April 2021

0

PELUNCURAN sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) tahap pertama dilaksanakan secara nasional di RTMC Polri di Jakarta, Selasa (23/3/2021). Di Kalsel, pola ini baru bakal berlaku terhitung mulai 27 April 2021 mendatang.

E-TLE baru resmi diterapkan di 12 wilayah hukum polda jajaran khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera, sementara untuk wilayah hukum Polda Kalsel, E-TLE dijadwalkan akan mulai diterapkan pada tahap kedua yaitu bulan depan.

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikhwanto, mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan tahapan analisa, evaluasi, pemasangan perangkat elektronik, pengetesan dan sosialisasi.

“Kalau sudah siap semua kami akan laporkan ke Polri supaya segera dilaunching (di Kalsel),” ucapnya kepada wartawan.

BACA JUGA: Ancang-ancang Penerapan Tilang Elektronik, Ditlantas Polda Kalsel Pasang Kamera di Tiga Titik

Rikhwanto mengingatkan, meski kepolisian menjadi sebagai ujung tombak pelaksananaan program E-TLE, namun, pada praktik dan pelaksanaan di lapangan banyak melibatkan stakeholder lainnya khususnya pemerintah daerah.

Stakeholder banyak dilibatkan, khususnya pemda karena pemda yang punya wilayah. Saya apresiasi kepada rekan-rekan stakeholder khususnya Pak Gubernur bersama Ketua DPRD dan Forkopimda Kalsel ikut menyukseskan,” paparnya.

Menurut Rikhwanto, E-TLE diyakini dapat meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat pengguna jalan terhadap peraturan lalu lintas. Pengendara dibiasakan untuk mematuhi peraturan meskipun tidak ada anggota polisi lalu lintas yang berada di jalanan.

“Sasarannya untuk mengurangi pelanggaran yang menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, serta membuat transparansi kepada masyarakat, artinya hubungan langsung antara polisi dan masyarakat kita kurangi sedapat mungkin,” tegasnya.

BACA JUGA: Polda Kalsel Mantapkan Penerapan Tilang Elektronik, Data Pengendara Dihimpun Secara Online

Sementara itu Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, menyatakan siap mendukung pelaksanaan Program E-TLE di Kalsel termasuk berkontribusi dengan mengalokasikan anggaran.

“Pemda baik provinsi dan kabupaten/kota nanti akan membantu penyiapan-penyiapan tempat, kemudian kamera dan lebih penting lagi kesiapan masyarakat. Ya nanti kita membantu juga bantuan keuangan untuk pelaksanaan ini oleh Polda Kalsel,” katanya

Penerapan E-TLE di Kalsel akan diawali di tiga titik di Ibu Kota Provinsi Kalsel yaitu Kota Banjarmasin. Ambil contoh di Jalan Pangeran Samudera, Jalan Lambung Mangkurat dan Jalan A Yani Kilometer 6. (jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.