Semua Daerah Dianggap Rawan, Polda Kalsel Siapkan Ribuan Personel Jaga Pelaksanaan PSU

0

RIBUAN personel gabungan bakal dikerahkan saat Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kota Banjarmasin dan beberapa wilayah di Kalsel.

KAPOLDA Kalsel, Irjen Pol Rikhwanto, mengatakan pengamanan maksimal akan dilakukan untuk memastikan PSU berjalan aman, nyaman dan kondusif.

“Kami kaji bagaimana reaksi masyarakat dan antusiasmenya terhadap PSU serta bagaimana kesiapan KPU. Semua kita anggap rawan, semua kita jaga sebaik-baiknya,” ungkap Rikhwanto.

BACA JUGA: Berebut 281.636 Pemilih PSU Dari 7 Kecamatan, BirinMu Atau H2D Yang Menang?

Dihubungi terpisah, Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Nur Subchan mengatakan, sedikitnya dua anggota polisi ditempatkan di setiap TPS yang melaksanakan PSU.

Mengacu data milik KPU, diketahui jumlah TPS yang akan menggelar PSU di Kota Banjarmasin sebanyak 301 TPS, Kabupaten Banjar 502 TPS, dan Kabupaten Tapin 24 TPS, total keseluruhan 827 TPS.

“Kurang lebih akan ada 1.600 lebih personel Polda Kalsel dan polres kajaran yang akan dikerahkan untuk berjaga di TPS-TPS tersebut, itu belum termasuk personel yang berpatroli dan yang disiapkan untuk kontingensi,” ucap Subchan melalui sambungan telpon, Selasa (23/3/2021).

BACA : Pengamat Politik Uniska Sebut Putusan PSU Imbas dari Praktik Culas Pilkada

Polda Kalsel akan berkolaborasi dengan Korem 101/Antasari dalam operasi pengamanan tersebut. Sedangkan terkait pengamanan selama tahapan menjelang PSU, Polda Kalsel masih berkoordinasi dengan KPU Kalsel.

“Batas waktu 60 hari itu kan tidak ada kampanye, langsung persiapan pencoblosan. Tergantung KPU yang menyiapkan jadwal, kami mengikuti,” tutup Kombes Pol Nur Subchan. (jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.