Irwasda Polda Kalsel Periksa Polres HSU

0

AUDIT kinerja tahap pertama tahun 2021, dilakukan Itwasda Polda Kalsel terhadap Polres Hulu Sungai Utara (HSU), Selasa (12/3/21).

DIPIMPIN langsung Kombes Pontjo Soediantoko selaku Pengawasan Auditor Kepolisian Madya TK III. Dan ketua tim audit oleh Irbid 1 Irwasda, AKBP Heriyadi.

Kombespol Pontjo Soediantoko mengatakan, hari ini bisa melaksankan Wasrik tahap satu perencanaan dan pengorganisasian. Wasrik ini rutin tiap tahun dilaksanakan. “Harapan pimpinan, kita jangan lengah. Rutinitas itu bukan menjamin bahwa kegiatan itu sudah benar,” ujarnya.

BACA : Petakan Kawasan Rawan Bencana, Kapolres HSU Siap Bantu Pemda

Namun, diharapkan kegiatan bisa berjalan sesuai dengan dinamika, bersesuaian dengan apa yang direncanakan setiap tahun.

“Bahwa kegiatan kita ini yang tadinya adalah Wasrik (pengawasan dan pemeriksaan) berubah menjadi audit kinerja walaupun sasarannya masih pada bidang SDM, sarpras, anggaran dan operasional,” bebernya.

Selain itu, harus menjalankan penjabaran perintah pimpinan dalam hal penguatan sistem pengawasan internal agar semua memahami bahwa pengawasan itu berjenjang mulai dari tingkat bawah sampai tingkat paling atas.

“Baik internal Polres maupun internal Kepolisian melalui jalur Polda dan Polres,” tegasnya.

“Karena itu, Ini merupakan kegiatan sebelum kegiatan paling akhir yakni kegiatan wasrik Irwasum, jadi ini merupakan peringatan dini,”
tambahnya.

“Jangan lagi menjadi aprori bahwa..aaah .. paling begitu-begitu saja, walau kita bisa melakukan lebih dari pada itu,” pungkasnya.

BACA JUGA: Agar Imun Kuat, Ratusan Personel Polres HSU Jalani Vaksinasi Covid-19

Sementara itu, Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan mengatakan, Polres HSU dan Polsek jajaran di tahun 2021 dalam aspek perencanaan dan pengorganisasian (wasrik tahap I) di bulan Januari, Februari termasuk di bulan berjalan pada Maret 2021 sudah disiapkan termasuk dokumen pendukungnya.

“Kami siap menerima pemeriksaan, koreksi, petunjuk serta arahan dari Tim Wasrik. Demi kemajuan Polres HSU,” sebutnya.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan gambaran bahwa idealnya untuk jumlah personil Polres HSU selayaknya sekitar 805 personil, namun riilnya hanya 305 personil. Secara persentasi hanya 37,5% personil Polres HSU dalam melaksanakan rutinitas, kesibukan dinas tiap hari, termasuk kegiatan operasional.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.