Warga Desa Lok Batu Digembleng Budidaya Ikan Air Tawar

0

PARA penggiat budidaya ikan air tawar di Desa Lok Batu, Kecamatan Haruai, mengikuti penyuluhan yang diisi oleh Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong, Kamis (18/3/2021).

PENYULUHAN diikuti oleh 45 penggiat budidaya ikan tawar yang ada di Desa Lok Batu. Para peserta diberikan pengetahuan tentang cara budidaya ikan air tawar yang benar dengan meliputi cara memelihara, membesarkan sampai panen.

“Tujuan cara memelihara dan membesarkan ikan serta memanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol adalah untuk meningkatkan mutu hasil perikanan dan terjaminnya keamanan pangan dari produk perikanan,” ujar narasumber penyuluhan, Rully Kahayan.

BACA JUGA: Sosialisasi di Desa Lok Batu, Polres Tabalong Ajak warga Berantas Narkoba

Untuk mencapai tujuan tersebut, ungkap Rully, maka mereka harus menerapkan seluruh proses budidaya mulai dari sanitasi, pakan, obat ikan dan bahan kimia serta biologis.

Di tempat yang sama, salah seorang Satgas TMMD ke – 110 Kodim 1008/Tanjung, Letda Inf Abdul Hasan mengatakan penyuluhan perikanan bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat baik teknis dan tatacara pemanfaatan lahan kosong untuk dijadikan kolam ikan budidaya air tawar.

“Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan dapat membuka wawasan warga tentang budidaya ikan air tawar, salah satunya pemanfaatan lahan kosong,” ungkapnya.

BACA JUGA: Satgas TMMD ke-110 Gelar Penyuluhan KB dan Kesehatan di Desa Lok Batu

Sementara, salah seorang peserta penyuluhan, Tarmiji mengaku sangat senang dengan adanya penyuluhan perikanan yang dilaksanakan di desanya ini.

“Penyuluhan ini sangat bermanfaat, karena selama ini petani budidaya ikan air tawar disini belajarnya secara otodidak,” terangnya.

Menurut dia, dengan adanya penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang bila diimplementasikan tentunya bisa menambah penghasilan masyarakat. (jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.