Sebelum Ujian Sekolah, Murid SD dan SMP di Banjarmasin Mulai Belajar Tatap Muka

0

DINAS Pendidikan Kota Banjarmasin resmi menetapkan sistem Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah mulai Kamis (18/3/2021). Pelaksanaan PTM ini menyusul adanya Surat Edaran Walikota Banjarmasin bernomor 800/1137-Sekr/Dipendik/2021.

DALAM surat tersebut, Disdik Banjarmasin menetapkan PTM hanya digelar pada siswa kelas 6 SD dan 9 SMP. Yakni bagi siswa yang melaksanakan Ujian Sekolah hingga Ujian Sekolah berakhir.

Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto, menjelaskan pada pelaksanaan PTM nanti, kapasitas kelas maksimal hanya boleh diisi 18 peserta didik dengan aturan jarak tempat duduk antar peserta didik minimal satu meter.

“Izin untuk ujian sekolah secara tatap muka hari ini sudah keluar izinnya dengan syarat-syarat protokol kesehatan,” kata Totok, Senin (15/3/2021).

BACA JUGA: Disdik Banjarmasin Tetapkan Pelaksanaan Ujian Sekolah Tingkat SD-SMP Digelar Tatap Muka

Meski begitu, Totok tak memaksa seluruh siswa atau pun orang tua di Banjarmasin yang enggan mengikuti Ujian Sekolah tatap muka.

Dia bilang, satuan pendidikan tetap wajib memfasilitasi pembelajaran daring (dalam jaringan) menggunakan metode belajar dari rumah (BDR).

Seperti yang diketahui, pelaksanaan ujian sekolah untuk tingkat SMP di Banjarmasin dijadwalkan pada 29 Maret 2021. Sementara tingkat SD dijadwalkan 5 April mendatang.

“Saya harap pelaksanaan ujian nanti tidak ada kendala dan pelaksaan berjalan sesuai yang diharapkan,” katanya.

BACA JUGA: UN 2021 Resmi Dihapus, Kadisdik Banjarmasin: Etika dan Keaktifan Siswa Jadi Penilaian

Ditanya perihal pelaksanaan PTM secara keseluruhan, Totok mengaku belum bisa memastikan. Pasalnya, PTM sendiri saat ini masih menunggu kebijakan PPKM.

Jika PPKM masih diberlakukan, maka PTM belum bisa dilaksanakan. Begitu pula sebaliknya, bila PPKM diberhentikan, maka PTM secara keseluruhan pun mulai direncanakan.

“Yang ini saja dulu kita hadapi. Nanti setelah ujian nunggu kebijakan pusat soal belajar tatap muka,” pungkasnya. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.