Disdik Banjarmasin Tetapkan Pelaksanaan Ujian Sekolah Tingkat SD-SMP Digelar Tatap Muka

0

DINAS Pendidikan Kota Banjarmasin resmi menetapkan agenda pelaksanaan Ujian Sekolah bagi siswa di jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

TEPAT pada 29 Maret 2021, jadwal pelaksanaan ujian sekolah akan digelar di tingkat SMP. Sementara untuk SD digelar pada 5 April 2021 mendatang.

“Sudah direncanakan jadwalnya. Nanti berapa lamanya tergantung jumlah mata pelajaran yang diujikan,” kata Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto.

Dia menjelaskan, pelaksanaan ujian sekolah di tingkat SD dan SMP tersebut akan digelar secara tatap muka di sekolah masing-masing.

Pasalnya, Totok menilai jika ujian sekolah masih digelar secara daring (dalam jaringan), maka akan kurang efektif.

BACA JUGA: UN 2021 Resmi Dihapus, Kadisdik Banjarmasin: Etika dan Keaktifan Siswa Jadi Penilaian

“Tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat. Karena kalau dilakukan secara daring tidak semua siswa mempunyai peralatannya,” jelasnya.

Kendati demikian, Totok berkata tidak akan memaksakan seluruh sekolah di Banjarmasin melaksanakan ujian sekolah tatap muka. Pihaknya tetap mempersilahkan siswa bersangkutan melaksanakan secara daring.

Begitu juga bagi siswa yang sedang sakit. Mereka tidak diperkenankan turun dan akan mengikuti ujian susulan.

“Tetap kita siapkan dua skenario untuk pelaksanaan ujian,” tandasnya.

BACA JUGA: Belajar Tatap Muka di Banjarmasin Terus Lanjut, Kadisdik: Mendikbud Batalkan Itu Hoaks

Mengenai pelaksanaannya nanti, Totok menjelaskan akan dilakukan dengan pola 50:50. Jadi, satu ruang kelas hanya diisi oleh 50 persen dari total kapasitas siswa dalam ruangan.

“Bisa saja digelar bersamaan. Karena masih bisa menggunakan ruang kelas 7 dan 8,” pungkasnya.

Sekadar mengingatkan, sebelumnya Kemendikbud resmi menghapus Ujian Nasional 2021 karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Alhasil, Disdik Kota Banjarmasin menggantikan Ujian Sekolah sebagai pengganti salah satu penentu kelulusan para siswa. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.